Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

BOLU ZEBRA KW

Artikel terkait : BOLU ZEBRA KW

Saya  kali  ini  akan  membuat  resep  bolu  baru  namanya  BOLU  ZEBRA.  Resep  ini  sedikit  saya  gunakan  takaran  gulanya,  saya  kurangi  karena  tidak  suka  terlalu  manis.  Dan  di  tambah  dengan  maizena  sedikit.  Jadilah  bolu  zebra.

Kue Bolu Kukus Zebra adalah salah satu cake bolu yang mempunyai tekstur lembut dan klasik sejak jaman dahulu . rasanya yang enak dan manis yang pas membuat banyak orang menyukainya . apalagi memiliki motif yang cantik hitam dan putih , sehingga kue bolu kukus ini disebut dengan kue bolu zebra . Cara membuatnya tentu saja bukan dengan mengambil zebra cross terus dibikin kue lohh yah.

Melainkan warna hitam dan putih nya dihasilkan dengan cara menuangkan adonan kue ke dua warna secara bergantian . nah , untuk menghasilkan warna yang cantik dan pas seperti zebra , kita harus menuangkan adonan dua warna secara bergantian dalam satu titik yang sama yaitu pas ditengah-tengah dalam sebuah loyang . karena jika kita tidak pas dalam menuangnya hasilnya akan kurang maksimal .

Nah , bagi bunda , sista ataupun siapa saja yang suka sekali kue , kue bolu kukus zebra ini wajib di coba . karena selain rasanya yang enak , ringan , dan tentunya manis yang pas ini sangat cocok sekali dijadikan bekal ketika buah hati anda kesekolah maupun ayah yang sedang bekerja . warna nya yang cantik , anak kecil pasti menyukainya . sehingga dapat mencengah buah hati anda jajan sembarangan .

Dalam membuat kue bolu kukus zebra ini tentu saja mudah , anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya . bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu kukus zebra ini juga mudah ditemui dimana-dimana . meski itu pasar tradisional sekali pun . dan kabar gembiranya adalah bagi anda yang tidak mempunyai oven , anda masih dapat memcoba membuat kue bolu kukus zebra ini .

Karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi resep kue bolu zebra versi kukus nya , sehingga anda dapat menggunakan pengukus yang biasanya anda gunakan untuk menanak nasi . selain itu , kami juga akan membagikan beberapa TIPS dalam membuat kue bolu kukus zebra yang lembut ini .

 agar saudara dapat mendapatkan hasil yang enak dan memuaskan . lalu apa saja sih bahan-bahannya dan cara membuat kue bolu kukus zebra nya ? yuck , segera disimak Resep Kue Bolu Kukus Zebra nya dibawah ini .

Bahan-bahan Kue Bolu Kukus Zebra :

  • Telur ayam 6 butir
  • Margarin 100 gram ( dicairkan )
  • Gula pasir 150 gram
  • Cake emulsifier atau ovalet 1 sendok teh
  • Tepung terigu 150 gram ( diayak )
  • Santan kental matang 150 mili lter
  • Coklat bubk 1 sendok makan
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Zebra :

  1. Langkah awal panaskan pengukus di atas api sedang . olesi loyang menggunakan margarin lalu taburi dengan sedikit tepung agar adonan nanti tidak lengket .
  2. Selanjutnya ambil wadah , lalu masukkan telur , gula dan cake emulsifier , kocok sebentar hingga rata . kemudian masukkan tepung terigu , vanili bubuk , baking powder , margarin dan santan aduk terus hingga semua adonan tercampur rata .
  3. Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian 50:50 . lalu tambahkan cokelat bubuk pada salah satu bagian adonan kue , aduk rata .
  4. Siapkan loyang ukuran 20 centi meter . nah , untuk menuang adonan ke dalam loyang ukuran 20 centi meter , anda harus memerlukan ketelatenan ya . yaitu dengan cara menuang adonan warna putih tepat ditengah-tengah loyang , yang ditumpuk dengan adonan warna cokelat dititik yang sama . adonan tidak perlu diratakan diloyang , karena adonan kue ini lebih ringan , sehingga nanti adonannya akan mengalir sendiri kepinggir-pinggir loyang tanpa perlu diratakan terlebih dahulu .
  5. Terakhir kukus adonan ke dalam pengukus selama 30 menit , untuk memastikan kalau kue bolu kukus zebra sudah matang kita dapat mengeceknya dengan menggunakan lidi . tusuk ke dalam kue , lalu jika lidi bersih tanpa ada adonan yang menempel itu tandanya kue sudah matang . Angkat , dinginkan .
  6. Potong-potong kue bolu kukus zebra sesuai selera , Lalu  Sajikan                       
TIPS Dalam Membuat Kue Kukus Zebra :
  • Pertama , pastikan telur dan emulsifiernya dalam keadaan bagus . bagus disini dalam artian berkualitas , agar adonannya nanti benar-benar mengembang dan kental .
  • Sebaiknya bahan keringnya diayak terlebih dahulu , seperti terigu dll agar hasilnya benar-benar lembut .
  • Dalam membuat kue bolu kukus zebra ini disarankan menggunakan loyang bulat ukuran 20 centi meter . agar hasil kue bolu zebra nya lebih cantik , tapi sebenarnya juga dapat menggunakan loyang kotak namun nanti hasil motifnya berbeda tidak secantik ketika menggunakan loyang bulat . lalu ketika anda mengocok adonan kue , usahakan garus sampai benar-benar kental dan mengkilat . jika nanti yang terjadi adonnanya cair , kemungkinan mengocok adonannya belum terlalu kental dan creamy sehingga ketika ditambahkan margarin dan santan jadi turun lagi adonannya .
  • Dalam membuat kue bolu kukus zebra ini sebenarnya kita dapat menggunakan coklat pasta , agar adonannya tidak terlalu berat . cara mencampurnya juga harus cepat dan rata sehingga adonan coklat tidak turun meresap ke adonan putih . hal itu dilakukan agar motif kue zebra dapat terbentuk dengan cantik layaknya kulit zebra asli . akan tetapi , memakai coklat bubuk akan menghasilkan rasa yang lebih Lezat dan makyus  .
  • Oh iya , jangan sampai lupa melapisi penutup kukusan menggunakan kain , supaya kue tidak bantat terkena uap air .

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz