Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

8 MACAM BUAH YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI WANITA HAMIL

Wanita hamil terkadang sangat kritis memikirkan kesehatan bayi dalam kandungannya, tidak sedikit wanita ingin menu makanan yang sehat untuk kesehatan kandungannya. Pasalnya, wanita hamil harus mengkonsumsi gizi dan protein untuk 2 orang, agar calon bayi yang dikandungnya terlahir sehat dan tidak mengalami kekurangan gizi.

Memakan sayuran dan buah-buahan kerap kali menjadi makanan rutinitas wanita hamil, beberapa macam makanan seperti brokoli, telur, yoghurt, paprika, wortel sangat bagus untuk kandungan. Namun yang kami ulas kali ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang sehat untuk dikonsumsi.

Beberapa Buah-buahan Yang Baik Untuk Wanita Hamil, diantaranya :  

1. Buah Naga

buah naga

buah naga

Buah Naga adalah salah satu buah yang sejuta khasiatnya, diantaranya untuk ibu hamil hal ini disebabkan karena kandungan buah naga yang sudah matang dapat membantu mengeluarkan dahak yang sering diderita pada ibu hamil.

Buah naga juga jarang menggunakan pestisida karena kulit luarnya yang sangat tebal, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu terdapat beberapa kegunaan buah naga untuk kesehatan dan juga kecantikan.

2. Buah Apel

buah apel

buah apel

Menurut Wikipedia apel adalah sejenis buah-buahan yang dihasilkan dari pohon apel, warna apel ada yang merah dan hijau. Rasanya manis, asam dikit, buahnya sedikit lembek, dan kulitnya keras tetapi aman untuk dikonsumsi.

Apel kaya nutrisi, dan dalam buah apel terdapat beberapa vitamin salah satunya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C. Dan untuk ibu hamil, fungsi apel untuk ibu hamil sangat berguna untuk mengatasi sembelit atau diare dan tentunya baik untuk perkembangan janin.

Kandungan gizi dan nutrisi pada apel sperti tannin, asal malat dan serat lainnya sangat diperlukan untuk keperluan gizi ibu hamil dan apel disamping itu, dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat menjaga berat badan tetap ideal bagi ibu hamil.

3. Buah Anggur

buah anggur
buah anggur

Anggur adalah buah berbentuk bulat atau elips yang memiliki biji kecil di dalam daging buahnya. Tidak sedikit orang yang senang dengan anggur karena rasanya yang manis. Anggur pun terdapat 2 macam, yaitu anggur merah dan anggur hitam.

Kandungan anggur sangat berguna bagi ibu hamil karena anggur kaya antioksidan selain mencegah timbulnya kanker anggur juga memiliki senyawa polifenol dan resveratol yang berfungsi untuk berbagai metabolisme tubuh antara lain memberikan asupan zat besi, dan sumber energi.

4. Buah Cherry

 buah cherry
buah cherry

Buah cherry yang kadang disebut buah kersen adalah buah yang memiliki kandungan nutrizi 20x lipat dari buah apel dan jeruk.

Untuk kehidupan sehari-hari buah cherry memiliki beberapa manfaat yaitu anti peradangan, melawan kanker, anti penduaan dini, menenangkan saraf karena kandungannya dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga membuat sistem saraf lebih rileks.

Cherry memiliki kandungan mineral zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lain sebagainya. Untuk ibu hamil, fungsi buah chery dapat melancarkan pencernaan dan membantu kulit bayi sehat dan putih.

5. Buah Jambu Air


jambu air

jambu air

Jambu air adalah Buah dari jambu-jambuan yang berasal dari Asia Tenggara. Kandungan yang terdapat pada jambu air adalah vitamin A, C dan air, karena pada jambu air terdapat kandungan air yang banyak sehingga dapat mengurangi dehidrasi. Pada ibu hamil dapat menanggurangi rasa haus, melancarkan pencernaan dan mengoptimalkan kinerja sel darah putih.

6. Buah Strawberry
 
buah strawberry

buah strawberry

Strawberry adalah buah yang berwarna merah berbintik hitam memiliki rasa manis dan asam. Kandungan strawberry diantaranya terdapat vitamin C, vitamin K, vitamin B5, B6, magnesium, omega 3, dan lain sebagainya.

Strawberry sering juga digunakan untuk kecantikan karena kandungan vitamin C yang menyegarkan kulit, tetapi untuk ibu hamil strawberry berguna untuk merangsang nafsu makan dan membakar lemak makanan dalam tubuh, mencegah cacat prematur pada bayi dan mencegah cacat pada janin.

7. Buah Alpukat / Avocado
 
buah alpukat

buah alpukat

Buah Alpukat buah yang berasal dari Mexico dan Amerika tengah, yang sekarang sudah dibudidayakan di negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Pada buah alpukat mengandung asam folat, vitamin B komplek, dan kalium.

3 kandungan ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan tulang belakang janin. Selain itu buah alpukat mengurangi rasa mual dan muntah pada masa kehamilan periode pertama.

8. Buah Kurma

 buah kurma

buah kurma

Buah kurma sangat tidak asing bagi para umat muslim terlebih lagi bila menginjak bulan Ramadhan, menu buah kurma yang sering dikonsumsi untuk buka puasa ternyata memiliki banyak khasiatnya, kurma memiliki kandungan gula 60-70%, terdapat zat besi, kalium, dan vitamin B komplek sangat berguna untuk mengatasi kram pada ibu hamil, memperkuat dinding rahim, untuk masa kehamilan trimester akhir buah kurma pantas menjadi buah yang sering dikonsumsi sebagai sumber energi mempersiapkan untuk masa persalinan.

INILAH 8 MACAM BUAH YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI WANITA HAMIL

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 MACAM BUAH YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI WANITA HAMIL