Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

7 MANFAAT BUAH MELON BAGI KESEHATAN

Artikel terkait : 7 MANFAAT BUAH MELON BAGI KESEHATAN

Buah melon yang dalam bahasa latin disebut Cucumis Melo termasuk buah jenis labu-labuan. Buah melon masih bersaudara dengan buah semangka dan blewah. Buah melon awalnya berasal dari Timur Tengah dan menyebar ke daerah Eropa, hingga pada tahun 70-an menyebar ke negara Indonesia, saat itu Melon termasuk buahnya orang kaya karena harganya yang sangat mahal, hingga seiring dengan waktu buah melon dibudidayakan sampai saat ini, hingga akhirnya buah melon dapat dikonsumsi dengan harga yang jauh relatif murah.

Daging buah melon memiliki rasa yang manis, terasa begitu segar dan mengandung 90% air. Buah melon biasanya disediakan untuk makanan pencuci mulut, karena dapat dijadikan jus atau dicampur hingga menjadi koktail bahkan dapat dimakan langsung. Selain rasanya yang cukup enak dan segar, ternyata buah melon baik untuk kesehatan dan mengandung segudang nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengkonsumsi 100 gram daging melon, maka anda memakan kandungan zat gizi yang penting seperti karbohidrat 14,8 gr, lemak 0,5 gr, protein 1,55 gr, vitamin A 5.706,5 IU, Potassium 546,9 mg, dan Vitamin C 74,7 mg. Ketahui yuk manfaat buah melon lebih lanjut.

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan :

1. Anti Aging

anti aging

anti aging

Siapa sangka, dalam buah melon mengandung kolagen yang baik untuk kesehatan kulit. Pada usia 25 tahun, biasanya seseorang akan kehilangan 1,5% kolagen setiap tahunnya, itu artinya setiap tahun kulit akan mengalami kekeringan dan akan terjadi keriput.

Tetapi, dengan mengkonsumsi buah melon, kulit yang awalnya kehilangan kolagen, akan terlihat menjadi segar kembali karena kandungan kolagen dari buah melon membantu menggantikan kolagen yang hilang karena termakan usia.

2. Menjaga Kesehatan Mata

mata sehat

mata sehat

Melon mengandung beta karoten. Beta Karoten adalah senyawa karotenoid yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh, betakaroten dikenal seperti provitamin A, yang bila dikonsumsi oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Dan sesuai fungsi vitamin A adalah menjaga kesehatan mata.

3. Baik Untuk Diet

diet

diet

Pada daging melon mengandung serat dan 90% air sehingga baik untuk pencernaan, menghindari dari penyakit sembelit dan susah buang air besar. Selain itu, buah melon mengandung rendah kolesterol, bebas lemak, dan rendah kalori. Sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan diet sehat.


 4. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

stroke

stroke

Kandungan adenosine pada buah melon berfungsi melancarkan peredaran sel darah merah sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.Dan adenosine pada melon akan mencegah penggumpalan sel darah merah, sehingga seseorang yang mengkonsumsi buah melon secara rutin memiliki kemungkinan jauh dari resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

5. Anti Kanker

anti kanker

anti kanker

Seperti halnya dengan buah-buahan yang lainnya, melon juga mengandung karotenoid sebagai pigmen pemberi warna pada buah melon. Peran karotenoid pada buah adalah sebagai antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas yang mengundang sel-sel kanker. Maka ada baiknya, menyediakan buah melon dalam kulkas sebagai pencuci mulut setelah makan.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

jantung sehat

jantung sehat

Kandungan kalium pada buah melon sangat tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan juga mengurangi dampak dari makanan yang bernatrium tinggi dimana makanan tersebut akan memperburuk kesehatan jantung anda. Bila didiamkan berlama-lama dengan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, ada buruknya pada kesehatan jantung anda.

7. Mencegah Impotensi

mengatasi impotensi

mengatasi impotensi

Menurut penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang dapat memproduksi arginine. Arginine itu berfungsi untuk memperlebar aliran darah pada alat reproduksi, sehingga aliran darah pada alat reproduksi akan lancar dan terhindar dari impotensi.

INILAH 7 MANFAAT BUAH MELON BAGI KESEHATAN

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz