Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

5 PREDIKSI MENGEJUTKAN SOAL KONDISI EKONOMI DUNIA DI 2016

Organisasi negara pengekspor minyak dunia atau OPEC memprediksi harga minyak dunia akan mulai naik di tahun depan. Harga minyak yang saat ini berada di level terendah sejak tujuh terakhir dipastikan tidak akan berlanjut.


Sekretaris OPEC, Abdullah al-Badri mengatakan, rendahnya harga minyak dunia saat ini akan membuat beberapa produsen atau negara Non-OPEC mengurangi produksinya.

"Dalam beberapa bulan atau satu tahun atau mungkin lebih ini akan berubah," katanya seperti dilansir CNBC, Kamis (17/12).

Harga minyak dunia telah merosot tajam ke level terendah sejak 2004 silam, yaitu hanya uSD 36 per barel. Sebagian analis berharap, harga minyak akan kembali naik mencapai USD 100 per barel paling lambat di 2017 mendatang.

Badri mengatakan, OPEC saat ini tidak mempunyai target harga minyak dunia, namun sedang mencari nilai wajar yang berarti dan menguntungkan. "Negara anggota harus dapat penghasilan yang layak dan kami bisa investasi untuk memberi pasokan ke konsumen."

Dunia sudah memproduksi 2 juta barel minyak per hari dan jauh lebih banyak dari konsumsi. OPEC terus memompa minyak dengan harapan produsen lain seperti Amerika bisa keluar dari pasar minyak dunia.

Produksi minyak diperkirakan akan terus menurun dalam dua atau tiga tahun ke depan. Alasannya, banyak perusahaan migas yang memotong biaya produksi atau investasi karena rendahnya harga minyak dunia. Badri menyebut, pasokan minyak Non-OPEC akan menurun 400.000 barel per hari di tahun depan.

Tak hanya OPEC, bank investasi, Saxo Bank juga mengeluarkan prediksi ekonomi dunia di 2016 mendatang. Berikut uraiannya seperti dikutip dari CNBC:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 PREDIKSI MENGEJUTKAN SOAL KONDISI EKONOMI DUNIA DI 2016