Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

MANFAAT TIDUR MIRING KE KANAN ANJURAN RASULULLAH SAW

Artikel terkait : MANFAAT TIDUR MIRING KE KANAN ANJURAN RASULULLAH SAW

Tentu kita pernah dengar bahwasanya Rasulullah SAW menganjurkan agar miring ke kanan ketika tidur. Posisi yang demikian ini bukan hanya Rasulullah SAW sembarangan memilih posisi ketika tidur. Selalu ada manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan selain pahala karena kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
Hadits dari Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Al-Bukhari)
Islam menganjurkan agar kita tidur miring ke kanan. manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan dan tubuh cukup banyak berdasarkan penelitian ilmiah. Tidur yang cukup dalam sehari akan dapat memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan. Namun, bukan hanya waktu dan pola tidur tepat saja yang dapat memengaruhi kesehatan, melainkan posisi tidur pun dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Posisi miring ke kiri dan ke kanan sebenarnya sama-sama baik, hanya memang menghadap ke kanan jauh lebih disarankan. Simak banyaknya manfaat tidur miring ke kanan yang sering dianjurkan oleh para medis.


1. Membiarkan Kaki Kiri Beristirahat
 
Kebanyakan orang menggunakan kaki kanannya untuk beraktivitas dan kaki kiri biasanya digunakan justru untuk menyeimbangkan posisi kaki kanan yang banyak bergerak sebagai tumpuan beban. Maka tidak heran kalau kita merasa bahwa yang paling mudah dan lebih pegal adalah kaki kiri ketimbang kaki kanan. Kaki pun merupakan bagian tubuh terbawah yang peredaran darahnya akan memakan waktu lebih lama untuk kembali. Dengan tidur menghadap ke kanan, vena kaki kiri bisa dengan cepat dikosongkan jadi pegal-pegal pun akan hilang.


2. Membantu Sistem Pernapasan Lebih Lancar

 
Tanpa kita sadari, saat tidur lidah bisa jatuh ke belakang hampir mendekati tenggorokan sehingga proses pernapasan sedikit terhambat. Hal ini kerap terjadi bagi yang biasanya tidur telentang dan dengkuran pun terjadi karena hal ini. Orang yang mendengkur dalam tidurnya akan mengalami kekurangan oksigen sehingga pernapasan bisa tiba-tiba terhenti beberapa saat yang membuat orang tersebut bangun mendadak dan merasa pusing. Dengan tidur miring ke kanan, kesulitan dalam bernapas akan dapat dicegah.


3. Meringankan Kerja Jantung

 
Ketika posisi tidur menghadap ke kanan, peredaran darah dalam proses distribusinya bakal lebih merata dan konsentrasi aliran darah akan menuju sebelah kanan bawah. Ini otomatis memicu beban aliran darah untuk keluar dan masuk jantung menjadi lebih rendah. Posisi miring dalam tidur akan melambatkan denyut jantung yang akan secara otomatis menurunkan tekanan darah juga. Posisi tidur miring ke kanan membantu jantung supaya organ lain tidak menimpanya, ini karena letak jantung kita ada di sebelah kiri. Dengan begitu, kualitas tidur pun menjadi lebih baik dan meningkat.


4. Menyehatkan Paru-paru

 
Manfaat tidur sebelah kanan juga penting untuk paru paru. Ingat bahwa ukuran paru-paru sebelah kanan itu lebih besar dari paru-paru yang ada di sebelah kiri dan kalau saat tidur posisi tubuh miring ke kanan, jantung pun posisinya akan ikut ke kanan. Ini tidak masalah bagi paru-paru kita disebabkan lebih besarnya paru sebelah kanan. Hanya bila tidur dengan arah menghadap ke kiri, otomatis paru-paru kiri kita yang kecil akan ditekan oleh jantung dan hal ini tidak baik.


5. Memberi Waktu Istirahat pada Otak Kiri

 
Manfaat tidur miring ke kanan juga penting untuk otak kiri. Manusia diciptakan dengan dua bagian otak, otak kanan dan otak kiri di mana otak kanan adalah sebagai pusat saraf organ tubuh kita yang ada di bagian kiri, dan begitu sebaliknya untuk otak kiri. Umumnya pun kita menggunakan organ tubuh bagian kanan dalam setiap kesempatan atau aktivitas yang tandanya otak kirilah yang kerap bekerja. Dengan memosisikan tubuh miring ke kanan, otak bagian kiri yang menjadi pusat saraf organ tubuh yang ada di kanan bisa diberi waktu untuk istirahat sehingga tubuh pun dapat dicegah dari penyempitan pembuluh darah serta pengendapan bekuan darah serta asam sisa oksidasi dan lemak.


6. Mengurangi Rasa Tegang pada Punggung

 
Tidur miring ke kanan dipercaya juga dapat mendukung kenyamanan saat tidur. Ini dikarenakan ketegangan yang terjadi di bagian punggung akan dapat dikurangi. Cobalah untuk menekuk lutut ketika tidur menyamping, posisinya dimiripkan seperti janin yang tengah berada di dalam kandungan.


7. Mengurangi Rasa Mulas pada Perut

 
Terkadang beberapa dari kita mungkin merasa perut suka terasa mulas dan dengan posisi tidur miring akan mengurangi rasa sakit tersebut. Tidur miring memberikan rasa nyaman lebih apalagi saat kaki ditekuk, walaupun kaki lurus sejajar juga tidak masalah.


8. Menjaga Kesehatan Lambung

 
Seperti yang kita sudah tahu bahwa lambung manusia yang diibaratkan layaknya tabung berbentuk koma, memiliki ujung katup yang terus menuju usus dan mengarah ke bawah kanan. Kalau tidur dengan menghadap ke kiri, lambung pun akan terganggung sebab pengosongan lambung akan terhambat dan menjadi lebih lambat. Saat hambatan muncul, maka asam lambung akan naik sehingga erosi dinding lambung akan terjadi.



9. Melancarkan Buang Air Besar
 
Miring ke kanan saat tidur juga akan membantu penderita sembelit. Dengan posisi tubuh menghadap ke kanan, usus besar sigmoid yang letaknya tepat sebelum anus akan mengalami proses pengisian lebih cepat. Saat sudah penuh, maka gerak usus besarnya otomatis terangsang di mana relaksasi otot anus mengikuti yang menjadikan kita lebih lancar buang air besar.


10. Menambah Waktu Proses Terserapnya Nutrisi
 
Pergerakan usus kita tanpa kita sadari dapat meningkat saat tidur, dan pada waktu posisi tidur menghadap kanan, otomatis perjalanan makanan yang tengah dalam proses pencernaan dan siap untuk diserap tubuh pun memakan waktu lama. Itu karena posisi usus halus hingga usus besar ada di bawah. Ini memungkinkan Penyerapan nutrisi atau zat gizi dari makanan akan dapat terserap secara maksimal saat kita tidur.


11. Mengeluarkan Getah Pankreas

 
Saat aliran chime bisa lancar, peningkatan keluarnya cairan empedu akan meningkat dan kabar baiknya adalah bahwa pembentukan batu kantung empedu dapat dicegah dengan tidur miring ke kanan. Getah pankreas pun terjadi peningkatan waktu posisi tidur kita diubah ke kanan.


12. Tidur Lebih Nyenyak

 
Posisi tidur dengan miring ke samping kanan dapat mengurangi segala masalah tidur, seperti halnya mendengkur. Dengan miring ke kanan dan tidur seperti posisi bayi di mana kaki ditekuk dan tubuh membungkuk, maka kualitas tidur akan lebih baik dan lebih terasa nyenyak.


13. Mengurangi Sakit Punggung dan Leher

 
Jika memiliki masalah pada punggung dan leher yang kerap terasa sakit dan tidak nyaman, cobalah untuk tidur miring ke kanan dengan posisi lengan lurus ke bawah. Tulang akan lebih terdukung dengan adanya lekukan alami ini sehingga rasa sakit pada leher dan pungung pun akan berkurang.


14. Memberikan Efek Rileks

 
Dengan posisi tidur miring ke kanan yang benar dan juga disertai penggunaan bantal yang tepat untuk kepala dan juga diantara kedua lutut, waktu beranjak tidur kita akan merasa lebih rileks. Relaksasi tersebut dapat dialami karena sendi-sendi kita mendapat dukungan baik dari posisi tidur dan bantal yang tepat sehingga rasa sakit yang misal kita rasakan pun akan berkurang.


15. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

 
Manfaat tidur sebelah kanan juga penting untuk kebugaran tubuh. Berbagai organ vital dalam tubuh kita dapat mengambil waktu istirahat saat kita tidur dengan posisi tubuh ke kanan. Ini otomatis akan membuat tubuh kita lebih segar dan bugar saat bangun di keesokan harinya. Ketika organ-organ tubuh dalam keadaan yang sehat, maka secara tidak langsung tampak dari luar kita akan terlihat bugar dan bersemangat.


Bereksperimen dengan posisi tidur menyamping ke kanan akan membawa berbagai manfaat kesehatan yang tidak terkira. Jadi, mulai sekarang tidak ada salahnya untuk memiliki kebiasaan tidur miring meng
hadap ke kanan demi mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. 

INILAH 15 MANFAAT TIDUR MIRING KE KANAN

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz