Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

BOLU CARAMEL SARANG SEMUT

Artikel terkait : BOLU CARAMEL SARANG SEMUT

Bolu caramel/sarang semut.
Semalam saya membuat cake caramel alias bolu sarang semut. Kue ini saya buat berdasarkan permintaan  teman teman yang ingin resep sarang semut. Kebetulan
sudah lama saya tidak membuat cake ini. Saya cukup bahagia ketika membuatnya semalam, karena ini bukan yang pertama kali saya membuat bolu sarang semut ini. Alias sudah sering.

Resep ini saya ambil dari buku catatan saya, yang sudah saya modifikasi. Resep asli berasal dari Tabloid Saji. Saya cocok memakai resep ini karena membuatnya sangat mudah. Cukup diaduk-aduk menggunakan whisker, dan cemplang-cemplung. Tidak perlu mixer. Dan hasilnya cukup memuaskan. Sarang atau serat yang terbentuk sangat banyak.

Langkah pertama ketika membuat karamel, gosongkan gula di atas wajan teflon, gunakan api kecil saja. Pakailah wajan yang tebal supaya panasnya merata sehingga karamel yang dihasilkan tidak akan gosong. Biarkan saja gula mencair perlahan-lahan. Jangan diaduk -aduk karena akan lengket sekali. Setelah mencair, tuangkan air panas pelan-pelan saja supaya tidak menciprati tangan. Rebus menggunakan api kecil. Biarkan karamel larut dengan sendirinya. Setelah larut semuanya matikan api dan dinginkan. Jika selama direbus airnya menyusut banyak dan khawatir mengering, boleh ditambahkan air panas lagi. Tuangkan sedikit-sedikit ya supaya tidak memercik.

Ketika dioven kue akan mengeluarkan buih atau gelembung kecil-kecil di permukaannya.  Ini berarti proses pembentukan serat sedang berlangsung. Semakin mendekati akhir pemanggangan gelembung ini akan semakin berkurang. Berarti kue hampir matang. Bila gelembung tinggal sedikit dan permukaannya kelihatan mengering, segera keluarkan dari oven.
 

BAHAN  BAHANNYA 

  • 4  butir  telur.
  • 1  gelas  belimbing  tepung  terigu.
  • 2  sdm  tepung  sagu.
  • 1  gelas  belimbing  gula  pasir.
  • 1  gelas  belimbing  air  hangat.
  • 100  gram  margarin.
  • 2  sachet  skm  coklat.
  • 1/2  sdt  vanili.
  • 1  sdt  soda  kue.   

CARA  MEMBUATNYA 

  1. Panaskan gula sampai cair. Dan tambahkan air hangat. Aduk sampai gula larut. matikan api lalu tambahkan margarin dan skm coklat. SiSihkan.. biar dingin.
  2. Campur tepung terigu, tepung sagu, vanili dan soda kue lalu ayak. SiSihkan.
  3. Kocok telur sampai berbusa. Masukan campuran tepung bergantian dengan campuran gula caramel. Aduk sampai rata.
  4. Tuangkan ke dalam loyang yang di olesi margarin dan di taburi terigu. Panggang kurang lebih 45 menit.
  5. SAJIKAN.   

SELAMAT  MENCOBA  ..  ..  ..  ..

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz