Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

10 HEWAN TERLANGKA DI DUNIA YANG JARANG DILIHAT MANUSIA

Berbagai jenis hewan atau binatang seringkali kita jumpai dimana-mana, pada umumnya hewan yang kita temui terkadang mungkin sudah sering kita lihat. Bahkan mungkin diantara kalian sudah menjadikan sebagai hewan peliharaan, seperti ular, anjing, kelinci, kucing dan lain-lain. Tapi tahukah kalian kalau ternyata ada hewan yang terlihat unik dan mungkin saja jarang dilihat oleh manusia. Lalu hewan apakah itu dan bagaimana bentuknya? Berikut ini akan Saya rangkumkan dalam "Hewan Terlangka di Dunia Yang Jarang Dilihat Manusia".

1. Blobfish (Psychrolutes Marcidus)


Blobfish (Psychrolutes Marcidus)
Blobfish
Blobfish atau dalam bahasa latinnya Psychrolutes Marcidus adalah sejenis ikan laut yang memiliki bentuk dan wajah yang unik. Wajahnya terlihat sedih dan mempunyai hidung besar yang condong kedepan. Ikan ini memiliki badan yang ringan lebih ringan daripada air, sehingga ikan akan melayang diatas permukaan laut tanpa memerlukan energi lebih saat berenang. Meskipun demikian, Blobfish sangat doyan makan kepiting dan lobster. Ikan ini jarang dilihat oleh manusia dan dia hidup didaerah perairan lepas pantai daratan Australia dan Tasmania.

2. Katak Gelas (Centrolenidae)


Katak Gelas (Centrolenidae)
Katak Gelas
Sejenis hewan katak namun yang membedakan dengan katak lain adalah terletak pada organ dalam seperti jantung, hati dan pencernaan terlihat begitu jelas. Hewan ini termasuk unik dan langka serta ditemukan pertama kali di hutan Amerika Selatan pada tahun 1872. Ukurannya bervariasi berkisar 20 sampai 30 cm dan jenis katak ini biasanya aktif dimalam hari serta sangat sulit untuk ditangkap.

3. Olm (Proteus Anguinus)


Olm (Proteus Anguinus)
Olm
Hewan satu ini biasa disebut oleh orang setempat sebagai "Ikan Manusia" dikarenakan kulitnya seperti kulit manusia. Olm atau dalam bahasa latin Proteus Anguinus termasuk hewan amfibi, namun hewan ini sepenuhnya tinggal dan berkembang biak didalam air. Kekurangan hewan ini tidak bisa melihat alias buta dan lebih senang tinggal didalam gua-gua yang gelap ketimbang ditempat-tempat yang penuh cahaya atau terang. Hewan ini ditemukan diperairan yang mengalir di bawah tanah melalui wilayah luas kapur termasuk perairan Sungai Isonzo dekat Trieste di Italia, melalui Selatan Slovenia, Selatan-Barat Kroasia dan Herzegovina.

4. Assassin Spider (Archaeidae)


Assassin Spider (Archaeidae)
Assassin Spider
Assassin Spider merupakan golongan laba-laba yang bentuknya tidak karuan dan terkadang menyeramkan. Namun pada dasarnya hewan ini tidak terlalu berbahaya, ukurannya pun sangat kecil berkisar 2 hingga 8 mm. Hewan ini juga dikenal sebagai hewan pemangsa laba-laba lain, lehernya akan menjadi panjang saat ada laba-laba lain lewat dihadapannya.

5. Gurita mantel (Tremoctopus violaceus)


Gurita mantel (Tremoctopus violaceus)
Gurita mantel
Hewan ini memiliki perbedaan ukuran antara yang jantan dengan betina. Betinanya memiliki ukuran sekitar 2 meter sedangkan jantannya ukurannya hanya 2,4 cm. Beratnya pun sangat jauh 40.000 kali lebih berat dibandingkan jantannya. Ukuran betinanya akan semakin membesar dengan memperbesar membrannya mirip seperti mantel.

6. Tokek Siluman Berekor Daun (Uroplatus Phantasticus)


Tokek Siluman Berekor Daun (Uroplatus Phantasticus)
Tokek Siluman Berekor Daun
Bentuknya seperti daun dan sangat sulit membedakan antara daun dengan hewan ini. Biasa disebut sebagai Tokek Siluman atau dalam bahasa latinnya Uroplatus Phantasticus merupakan sejenis tokek yang ditemukan di Madagaskar. Hewan ini termasuk hewan langka yang telah hampir punah karena sering diburu oleh penduduk setempat.

7. Lobster Berbulu (Kiwa Hirsuta)


Lobster Berbulu (Kiwa Hirsuta)
Lobster Berbulu
Dikatakan sebagai lobster berbulu karena pada bagian cangkangnya tertutupi seperti bulu. Bulu ini berfungsi sebagai filter untuk mendetoksifikasi air tempat mereka ia hidup. Hewan ini pada dasarnya buta dan lebih senang hidup ditempat kegelapan. Bentuknya yang unik dan berwarna putih serta memiliki ukuran panjang sekitar 15 cm.

8. Hatchetfish (Sternoptychidae)


Hatchetfish (Sternoptychidae)
Hatchetfish
Termasuk hewan laut juga sama halnya dengan Blobfish dan Olm yang memiliki bentuk aneh dan menyeramkan. Hewan ini ditemukan didaerah lautan tropis maupun subtropis tepatnya diperairan atlantik, pasifik, dan samudra hindia. Panjangnya sekitar 2,8 cm hingga 12 cm dan hewan ini bisa mengeluarkan cahaya saat berada ditempat yang gelap. Posisi mulutnya berada di ujung moncongnya dan hewan merupakan hewan laut unik yang pernah ada.

9. Ulat Hemeroplanes 


Ulat Hemeroplanes
Ulat Hemeroplanes
Siapa sangka kalau hewan satu ini adalah seekor ulat. Jenis ulat ini bernama Hemeroplanes yang tampilannya mirip seperti ular berbisa, padahal hewan ini tidaklah berbahaya. Terkadang hewan satu ini menakuti lawannya dengan penampilan predatornya tersebut. Hemeroplanes dapat ditemukan di negara bagian Afrika, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Jenis hewan ini sangat sulit untuk ditemukan secara langsung.

10. Naga Laut Berdaun (Phycodurus Eques)


Naga Laut Berdaun (Phycodurus Eques)
Naga Laut Berdaun
Hewan langka dan unik satu ini adalah seekor hewan laut yang bernama Naga Laut Berdaun atau dalam bahasa latinnya Phycodurus Eques. Dilihat dari sekilas hewan ini hampir mirip dengan sebangsanya yaitu kuda laut. Perbedaanya terletak pada hiasan daun yang menempel pada hewan satu ini. Naga laut dapat bertahan hidup hingga 10 tahun. Terkadang hewan ini bisa menyamarkan diri di rimbunan rumput laut sehingga tidak terlihat. Biasanya orang-orang memanfaat Naga Laut sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai obat-obatan.

INILAH 10 HEWAN TERLANGKA DI DUNIA YANG JARANG DILIHAT MANUSIA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 HEWAN TERLANGKA DI DUNIA YANG JARANG DILIHAT MANUSIA