Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

EMPAT HIKMAH PUASA ASYURA

Artikel terkait : EMPAT HIKMAH PUASA ASYURA

Banyak sekali manfaat dan hikmah yang dapat kita raih bila kita melaksanakan puasa Asyura. Pertama, sebagai wujud syukur kepada Allah yang telah menyelamatkan hamba-hambaNya yang beriman dari kejahatan orang-orang kafir, yaitu selamatnya Nabi Musa dan Harun AS bersama Bani Israil dari kejahatan Firaun dan bala tentaranya.


Kedua, meneladani Nabi Musa, Harun, dan Nabi Muhammad SAW, yang berpuasa pada hari Asyura. Ketiga, meneladani sahabat RA yang melakukan puasa Asyura, bahkan melatih anak-anak mereka untuk melakukan puasa Asyura.

Hal ini dapat kita pahami dari hadis Rasulullah SAW. ''Dari Ibnu Abbas RA berkata: 'Nabi SAW tiba di Madinah, maka beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa hari Asyura'. Beliau bertanya kepada mereka: Ada apa ini? Mereka menjawab, 'Ini adalah hari yang baik. Pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka. Maka Nabi Musa berpuasa pada hari ini.

Nabi SAW bersabda, 'Saya lebih layak dengan Nabi Musa dibandingkan kalian. Maka beliau berpuasa Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa Asyura,'' ( HR Bukhari dan Muslim ).

Keempat, menghapus dosa setahun lalu. Rasulullah SAW bersabda, ''Puasa Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu'' ( HR Muslim ).

Imam an-Nawawi berkata: ''Keutamaannya menghapus semua dosa-dosa kecil. Atau boleh dikatakan menghapus seluruh dosa kecuali dosa besar.'' ( Majmu' Syarah al-Muhadzzab, an-Nawawi 6/279 ).

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz