Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

INILAH PERBEDAAN PENGERTIAN JILBAB, HIJAB, KHIMAR DAN KERUDUNG

JILBAB


Merupakan busana para wanita muslim berupa baju terusan panjang yang longgar dan menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah. Ada yang menyatakan juga bahwa setiap hijab adalah jilbab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab.

HIJAB


Berasal dari kata hajaban yang artinya benda yang menutupi / penghalang. Hijab menurut Alqur'an artinya penutup secara umum, bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Memang ada yang mengatakan hijab maknanya jilbab.

KHIMAR


Dalam Alqur'an disebut juga khumur. Khimar merupakan pakaian atas yang menutupi kepala, leher, dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan ( termasuk menutupi tulang selangka ). Khimar tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus ke bawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi.

KERUDUNG


Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebenarnya berbeda. Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka, Sedangkan kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Karena kerudung hanya menutupi kepala dan leher saja, dan tidak sepanjang khimar. Kerudung masih menampakkan lekuk tubuh pada bagian leher dan dada.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : INILAH PERBEDAAN PENGERTIAN JILBAB, HIJAB, KHIMAR DAN KERUDUNG