Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

GAMBARAN KEADAAN PADA HARI KIAMAT

Ketika kiamat telah tiba, maka hancurlah seluruh alam semesta ini berserta isinya. Tidak akan ada yang selamat dari bencana yang sangat mengerikan ini termasuk para malaikat-malaikat Allah, kecuali yang Allah kehendaki.

Bencana tersebut tiba setelah Allah mengutus malaikat Israfil untuk meniup sangkakalanya. Maka seketika itu pula seluruh makhluk baik yang ada di langit maupun di bumi akan terkejut sekaligus ketakutan.


Beginilah Keadaan Pada Hari Kiamat

Didalam kitab suci Alquran, kiamat digambarkan sebagai bencana pemusnah. Karena tidak ada yang dapat selamat dari bencana ini sekalipun ia bersembunyi ditempat persembunyian yang paling aman sekalipun. Dan berikut ini adalah gambaran keadaan pada saat hari kiamat terjadi.

1. Bumi akan Dihancurkan dan Langit Akan Digulung

Langit dan Bumi akan Allah gulung dengan tangan kanan-Nya, maka pada saat ini hancurlah seluruh alam semesta ini berserta isinya. Langitpun akan terbelah pada saat itu. Hal ini Allah terangkan dalam firman-Nya:

"Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan." [QS. Az-Zumar ayat 67]

"Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur." [QS. Al-Haqqah ayat 13-14]

Bagaimana bisa manusia bertahan dalam bencana semacam ini? Inilah salah satu bentuk kekuasaan Allah, begitu mudahnya Dia untuk melakukan itu semua.

2. Gunung-Gunung Hancur dan Laut Meluap

Air laut akan diluapkan, sehingga mengakibatkan banjir besar yang melanda seluruh dunia, seluruh bangunan-bangunan megah akan hancur disapu air. Selain itu, Allah juga akan menghancurkan gunung-gunung yang dulunya berdiri kokoh hingga rata.

Allah berfirman:

"dan apabila lautan menjadikan meluap" [QS. Al-Infitar ayat 3]

"Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: "Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya, maka Dia akan menjadikan (bekas) gunung-gunung itu datar sama sekali, tidak ada sedikitpun kamu lihat padanya tempat yang rendah dan yang tinggi-tinggi." [QS. Taha ayat 105-107]

3. Matahari digulung dan Bulan Tidak Bercahaya Lagi

Pada hari kiamat, hal mengerikan selanjutnya adalah digulungnya matahari. Selain itu pada saat kiamat juga bulan akan hilang cahayanya, bintang-bintang juga akan jatuh berserakan, hal ini seperti dalam firman Allah SWT berikut:

"Apabila matahari digulung," [QS. At-Takwir ayat 1]

"Maka apabila mata terbelalak (ketakutan), dan apabila bulan telah hilang cahayanya," [QS. Al-Qiyamah ayat 7-8]

4. Matahari Mendekat

Kelak, matahari akan didekatkan satu mil di atas keala manusia. Rasulullah bersabda,

"Manusia pada hari itu tergantung amalnya masing-masing. Ada yang keringatnya mencapai lutut, ada yang mencapai pundak. Bahkan ada yang 'dikekang' oleh keringatnya" Rasulullah SAW menunjukkan tangannya kemulutnya (keringatnya mencapai mulut) [HR. Muslim]

Seandainya manusia tidak diciptakan dengan bentuk penciptaan yang tidak bisa rusak, sungguh manusa akan hancur lebur oleh siksaan pada hari itu.

5. Manusia dalam Pertengkaran

Pada hari kiamat, manusia akan bertengkar satu sama lain. Yang lemah akan bertengkar dengan orang-orang yang sombong, orang-orang kafir akan bertengar dengan para pengikutnya, setan dan bala tentaranya. Dan ada pula sebagian yang melaknaat sebagian yang lainnya. Orang-orang kafir akan menggigit jarinya dan berkata dengan penuh penyesalan, "Andai aku tidak menjadikan mereka teman yang dekat dan kekasih.".

Mereka akan menyesal dan bahkan membenci dirinya sendiri. Bahkan, jasad mereka juga akan bertengkar dengan roh mereka, Ibnu Katsir mengatakan bahwa Ibnu Mandah dalam bukunya, Ar-Ruh telah meriwayatkan dari Ibn 'Abbas ra. yang berkata,

"Manusia pada hari kiamat bertengkar sampai-sampai roh pun bertengkar dengan jasad. Roh berkata kepada jasad, 'Engkau telah berbuat.' Jasad berkata kepada roh, 'Engkau yang telah memerintahkan dan membujuk.' Allah lalu mengutus malaikat yang melerai keduanya. Malaikat itu berkata kepada keduanya, 'Perumpamaan kalian bagaikan seseorang yang lumpuh dengan seseorang yang buta, yang sama-sama masuk ke suatu kebun. Yang lumpuh berkata kepada yang buta, "Aku melihat buah-buahan di sini, tetapi aku tidak sampai." Yang buta lalu berkata kepadanya, "Naiki aku lalu ambil buah-buahan itu!" Si lumpuh lalu menaiki si buta dan mengambil buah-buahan itu. Manakah di antara mereka berdua yang lalim?' Roh dan jasad menjawab, 'Keduanya.' Malaikat lalu berkata kepada mereka, 'Sesungguhnya kalian telah menghakimi diri kalian berdua.' Yakni jasad itu bagaikan tunggangan bagi roh, dan roh menaikinya."

Itulah beberapa gambaran yang terjadi pada hari kiamat, semoga dapat menjadi pelajaran dan bahan renungan bagi kita semua. Aamiin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : GAMBARAN KEADAAN PADA HARI KIAMAT