Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

PENYEBAB MUNCULNYA ASAM LAMBUNG

Pengertian Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Penyakit Asam Lambung-Alodokter

Jika tidak LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor kelebihan berat badan, keadaan hamil, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.
Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.

Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala GERD di atas muncul secara terus-menerus.

Diagnosis Asam Lambung atau GERD

Untuk melakukan diagnosis penyakit asam lambung atau GERD, dokter cukup menanyakan gejala-gejala yang Anda alami. Penelitian lebih lanjut untuk memastikan diagnosis bisa dilakukan melalui prosedur endoskopi.

Endoskopi sendiri menggunakan alat yang disebut endoskop. Sebuah tabung fleksibel panjang dengan lampu dan kamera pada bagian ujungnya. Alat ini akan dimasukkan melalui mulut untuk melihat penyebab naiknya asam lambung dan jika ada luka di dinding esofagus.

Pengobatan Asam Lambung atau GERD

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke menu makanan yang rendah lemak dan bergizi. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.

Jika langkah pengobatan yang sudah dijalani masih belum berhasil, mungkin perlu dilakukan operasi untuk mengatasi GERD. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, mungkin perlu diberikan dosis obat untuk jangka panjang.

Komplikasi Akibat Asam Lambung atau GERD

Komplikasi penyakit asam lambung yang paling sering terjadi adalah esofagitis. Esofagitis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Pada kasus esofagitis yang parah, penderita akan kesulitan menelan karena munculnya tukak. Tukak terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menjadi luka. Pada kasus yang lebih parah lagi, bisa terjadi kanker esofagus.

Penyebab Munculnya Asam Lambung

Banyak orang bicara tentang masalah asam lambung, namun tahukah Anda, seperti apa sebenarnya gejala penyakit ini? Apakah kalau perut mual dan disusul kepala pusing sudah bisa dikategorikan penyakit asam lambung?

Tentang hak ini, dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjelaskan, terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan lemas yang perlu diketahui. Sakit kepala sendiri, umumnya tidak diketahui sebabnya, lebih kurang sebanyak 90 persen.

''Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dan seringkali disertai lemas,'' ujar sang dokter.

Mual yang dirasakan juga bisa terjadi karena peningkatan asam lambung. Peningkatan asam lambung atau banyak orang menyebutnya maag, bisa disebabkan karena makan tidak teratur, kurang tidur,  kelelahan, stres, konsumsi makanan atau obat tertentu.

''Asam lambung sebetulnya normal dan berfungsi membantu mencerna makanan. Namun, pada sintuasi yang saya sebutkan di atas tadi, produksi asam lambung bisa meningkat dan menyebabkan efek mual, bisa disertai sakit kepala dan muntah,'' tambahnya.

Stres, kurang tidur, kelelahan merupakan suatu stressor tubuh yang secara tidak langsung, mencetuskan peningkatan asam lambung berlebih. Maka hindari hal yang dapat meningkatkan asam lambung berlebihan untuk mengurangi gejalanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENYEBAB MUNCULNYA ASAM LAMBUNG