Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

NAMA SURGA DAN NERAKA BESERTA PENGERTIANNYA

Nama Surga Dan Neraka Beserta Pengertiannya Lengkap  Surga dan neraka merupakan tempat kembalinya manusia kelak di akhirat. Disanalah kehidupan yang kekal abadi selamanya. Dunia hanyalah tempat tinggal sementara, karenanya kita sebagai hamba Allah harus berlomba-lomba untuk mendapatkan kehidupan yang layak kelak di akhirat yakni surga. Pada kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang pengertian surga dan neraka dan nama-nama surga dan neraka itu sendiri. Berikut penjelasannya.

Pengertian Surga Dan Nama-Nama Surga


Surga ialah tempat bagi orang-orang yang ikhlas dalam beribadah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Surga merupakan suatu tempat di akhirat yang berisi penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Kesenangan dan kegembiraan di surga tidak dapat dibandingkan dengan kesenangan dan kebahagiaan di dunia. Keindahan yang ada di alam dunia tidak bisa disamakan dengan keindahan di alam surga. Jika keindahan yang ada di dunia sifatnya sementara, maka keindahan dan kesenangan di akhirat bersifat kekal abadi selamanya.

Setelah amal manusia dihisab dan dirimbang, maka mereka akan terbagi kedalam dua golongan, yakni Ashabul Yamin dan Ashabus Syimal. Ashabul Yamin artinya golongan kanan, yakni orang-orang sholeh dan yang memperoleh keuntungan masuk kedalam surga. Sedangkan Ashabus Syimal artinya golongan kiri, yakni orang-orang yang ketika di dunia tidak mau beribadah kepada Allah SWT., sehingga mereka masuk kedalam neraka.

Adapun nama-nama surga yang diciptakan Allah, diantaranya yaitu:
  • Jannatul Firdaus
  • Jannatun Na’im
  • Jannatu ‘Adn
  • Jannatu Ma’wa
  • Jannatu Khulud
  • Darul Qarar
  • Darus Salam

Pengertian Neraka Dan Nama-nama Neraka


Neraka ialah sebutan dari suatu tempat yang penuh dengan penderitaan, siksaan, bagi orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT dan tidak taat kepadaNya. Neraka merupakan balasan buruk bagi orang yang selama hidupnya di dunia mengingkari hukum-hukum Allah SWT. Allah berfirman dalam Q.S. Hud: 106-107

Artinya: “Maka adapun orang-orang yang sengsara, maka (tempatnya) didalam neraka, disana mereka mengeluarkan dan menarik napas dengan merintih, mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sungguh Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki “.

Neraka adalah suatu tempat di akhirat yang sangat tidak menyenangkan, tempat ini diperuntukkan bagi orang-orang yang melanggar perintah Allah.

Nama Surga Dan Neraka Beserta Pengertiannya Lengkap

Adapun nama-nama neraka diantaranya:

Neraka Wail: Neraka yang paling ringan siksaannya yakni untuk orang-orang yang melalaikan sholat.

Neraka Hawiyah: Neraka yang sangat dalam.

Neraka Laza: neraka yang bergejolak apinya dan mengelupaskan kulit kepalanya.

Neraka Sair: neraka yang menyala-nyala.

Neraka Saqar: neraka yang membakar manusia dan mengoyak-ngoyak kulitnya.

Neraka Hutamah: neraka yang membakar manusia sampai ke ulu hatinya.

Neraka Jahim: neraka yang apinya menghanguskan manusia.

Neraka Jahannam: neraka yang paling bawah atau dasar, paling dalam dan paling berat siksaannya.

Demikianlah uraian singkat mengenai Nama Surga Dan Neraka Beserta Pengertiannya Lengkap, semoga dengan membacanya dan mengetahuinya kita bisa lebih mentaati segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. Ingatlah buatlah diri kita menjadi salah satu orang yang layak menjadi penghuni surga dan bukan menjadi bagian neraka yang sangat kita tidak ingin kunjungi. Semoga kita semua menjadi ahli surga, amiin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : NAMA SURGA DAN NERAKA BESERTA PENGERTIANNYA