Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

ISYARAT KIAN DEKATNYA HARI KIAMAT

Artikel terkait : ISYARAT KIAN DEKATNYA HARI KIAMAT

Isyarat Kian Dekatnya Hari Kiamat

Hari Kiamat (Ilustrasi)

Hari Kiamat
 
Mengawali pembasahan kitab Al Ahwa, Ibn Abi ad-Dunya yang terkenal fasih dan sastrawan itu mengemukakan tentang pentingnya memunculkan kesadaran bahwa kiamat seakan-akan datang tak lama lagi. Sikap ini akan membantu untuk lebih giat lagi berbuat kebaikan.

Ia pun menyitir hadis yang menyeru untuk serius beribadah karena tujuh hal. Salah satunya ialah akan datangnya kiamat sebagai peristiwa yang teramat mengerikan lagi pahit.

Masih dalam hadis yang sama, keenam hal lainnya itu ialah menunggu kecuali kemiskinan yang dilupakan, kekayaan yang menyesatkan, sakit yang membinasakan, kepikunan yang meniadakan, kematian yang disiagakan, Dajjal sebagai makhluk terjahat yang ditangguhkan kedatangannya.

Kian dekat Selain hadis tadi, ulama yang pernah mengajar al-Muktafi Billah, khalifah ke-18 Dinasti Abbasiyah itu, mengutip pula sebuah hadis yang diriwayatkan dari Rasulullah. Dalam hadis riwayat Jabir bin Abdullah, Rasulullah mengisyaratkan kian dekatnya kiamat.

Nabi SAW mengibaratkannya jarak waktu terjadinya kiamat dengan dua jari, telunjuk dan jari tengah. Dan, begitu menyebut persoalan kiamat, ekspresi wajah Rasulullah mendadak berubah. Mukanya memerah seperti saat ia memberi instruksi kepada para tentaranya untuk berperang. 
 
Bahkan, konon, hari kiamat dijadikan bahan ejeken oleh orang kafir. Mereka meledek Rasulullah dengan menanyakan berulang kali kepada beliau kapankah kiamat akan datang? Untuk menjawab pertanyaan itulah, turun ayat 43-44 surah an- Nazi'at:

"(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari kebangkitan, kapankah terjadinya. Siapakah kamu (maka) dapat menyebutkan (waktunya)? Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya)."

Kehadiran kiamat yang seakan menghampiri umat manusia itu pun memotivasi para salaf untuk meningkatkan kesalihan pribadi. Mereka tak menyia-nyiakan waktu dan sisa hidup yang dimiliki. Suatu saat, al-Ahnaf bin Qais hendak berpuasa sunah. Ia pun ditanya perihal alasannya kerap menjalankan puasa itu.

Al-Ahnaf menjawab, amalan puasa yang ia lakukan adalah bekal dan tabungan berharga untuk menghadapi hari dengan tingkat kedahsyatan dan kengerian luar biasa. Ia pun membaca ayat ke-11 surah al-Insan, "Maka, Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati."

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz