Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

9 MANFAAT APEL UNTUK KESEHATAN TUBUH

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki ciri-ciri berwarna merah adapaun apel yang berwana hijau. Rasanya asam manis dan memiliki kandungan air yang sangat banyak pada daging apelnya dan terdapat biji di tengah dagingnya. Kulit apel sangat aman untuk dikonsumsi.

Sejarah buah apel yang pertama ditanam adalah di daerah Asia Tengah, Apel pada zaman sekarang sudah dapat ditemukan disegala daerah yang bersuhu udara dingin, cara menikmati buah apel juga beraneka macam dapat dimakan mentah-mentah, dan sering juga dijadikan jus, apel juga dapat dijadikan saus apel dengan cara dimasak hingga lembek.

Kandungan apel terdiri dari energi, karbohidrat, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, B1, ,B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, air, protein, dan lemak. Semua kandungan ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa terhadap tubuh manusia. Mari kita ulas beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan :

apel untuk kesehatan

apel untuk kesehatan

1. Memperpanjang Umur

Penelitian pada tahun 2011 oleh American Chemical Society menjelaskan kandungan apel memperkuat kemampuan motorik, terbukti dari hasil uji coba terhadap binatang yang dapat bertahan hidup lebih lama dibanding dengan teman-teman sejenisnya, walau uji coba ini diteliti lewat binatang, tetapi mereka meyakinkan bahwa hal ini akan berpengaruh sama terhadap manusia.

2 Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian membuktikan dengan mengkonsumsi apel maka akan meningkatkan senyawa yang berhubungan antar sel, sehingga menyebabkan peningkatan daya ingat. Pada lansia, buah apel akan mengurangi kepikunan selain itu pada usia muda apel sangat berguna membangun struktur dalam otak yang berguna meningkatkan daya ingat.

3. Melindungi Jantung Agar Tetap Sehat

jantung sehat

jantung sehat

Kulit apel sangat baik untuk dikonsumsi, walau rasanya sangat mengganjal dimulut dan seperti plastik. Tetapi tidak disangka bahwa kulit apel mengandung senyawa felonik yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Cucilah buah apel dengan aliran air yang mengalir hingga bersih.

4. Mencegah Kanker

Pada penelitian di Hawaii menunjukkan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi apel mengurangi tingkat penderita kanker paru-paru hingga 40%-50%, hal ini karena apel mengandung antioksidan yang dapat mengikat hormon jahat yang berkaitan dengan kanker.

5. Mencegah Penyakit Mulut


mulut sehat

mulut sehat

Dengan mengkonsumsi buah apel dengan cara digigit ataupun dikunyah menyebabkan bertambahnya produksi air liur, sehingga dapat mengurangi bakteri didalam mulut dan mencegah gigi keropos, dan menjaga kesehatan mulut.

6. Berbagai Fungsi Dari Seratnya

Serat dalam buah apel sangat berguna mengurangi diare dan sembelit, serat juga berguna agar tubuh tetap langsing karena sangat sedikit lemah jenuh, dan berfungsi mengurangi lemak dan kolesterol sehingga cocok untuk menu diet.

7. Menyehatkan Mata

menyehatkan mata

menyehatkan mata

Bila buah apel ini dikonsumsi setiap hari, maka akan mempertajam penglihatan dan menjauhkan mata dari penyakit-penyakit mata termasuk katarak.

8. Memperkuat Sistem Imun

Pada seseorang yang kekebalan tubuhnya kurang, mungkin akan cepat terkena serangan demam bila mendatangi daerah yang suhunya tinggi ataupun sangat rendah. Tetapi dengan khasiat buah apel yang dikonsumsi, hal ini akan dapat dicegah disebabkan karena apel mengandung antioksidan querceti yang dapat memperkuat ketahanan tubuh dalam suhu yang sangat buruk.

9. Menjaga Tulang

tubuh sehat

tubuh sehat

Penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi buah apel, akan mencegah seseorang dari osteoporosis pada masa tua. Hal ini karena apel mengandung air yang banyak dan kalsium yang dapat merawat tulang.

INILAH 9 MANFAAT APEL UNTUK KESEHATAN TUBUH

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 MANFAAT APEL UNTUK KESEHATAN TUBUH