Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

8 ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH TERTANGKAP

8 Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap



Ular di dunia ini terdiri dari banyak jenis dan beberapa di antaranya dapat berubah menjadi ular terbesar. Panjangnya mencapai puluhan meter dengan bobot ratusan kilogram. Hewan jenis reptil ini biasanya hidup jauh di dalam hutan lebat yang tidak terjamah oleh manusia. Namun, tidak jarang ular-ular terbesar tersebut menampakkan dirinya pada manusia. Bahkan, ada juga yang sempat menghebohkan warga karena melintas tidak jauh dari pemukiman mereka. Dengan besarnya ukuran yang dimiliki, tentu saja dapat membuat ngeri siapapun yang melihatnya. Beberapa dari ular tersebut pernah tertangkap dan sempat diabadikan dengan gambar atau foto.
Kebanyakan dari kasus penangkapan ular terbesar di dunia ini dilakukan secara tidak sengaja. Kebetulan saja ular-ular tersebut melintas sangat dekat dengan manusia. Untuk menangkapnya tentu saja bukanlah perkara mudah. Jangankan menangkap, melihat ular itu saja dari kejauhan sudah cukup membuat tubuh merinding. Kasus terbaru penangkapan ular terbesar di dunia tersebut terjadi di Filipina, bulan Oktober lalu (1/10/15). Seekor ular Anaconda berukuran besar berhasil ditangkap dan sempat di videokan oleh warga yang di upload ke YouTube. Di Indonesia sendiri tepatnya Pulau Kalimantan terdapat juga ular terbesar yang pernah tertangkap. Selain ini, ada banyak kasus penangkapan ular lainnya. Berikut ini ulasannya:

8 Ular Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah ular-ular terbesar di dunia yang pernah tertangkap oleh manusia. Ada 8 ular yang kami tampilkan disini, masing-masing mewakili jenis ular yang  sejak lama mendapat reputasi sebagai ular terbesar di dunia.

Terbesar 1: Ular Titanoba (Boa Titan)

Banyak orang salah mengira bahwa ular terbesar di dunia adalah Anaconda. Namun, ternyata pemegang rekor sebagai ular terbesar di dunia saat ini dipegang oleh ular Titanoboa (Boa Titan). Salah satu reptil purba yang hidup sekitar 50-60 juta tahun yang lalu ini hidup sezaman dengan Dinosaurus. Ular Titanoboa memiliki panjang sekitar 14 meter dengan berat tubuh lebih dari 1000 kilogram. Diameternya saja dapat sebesar 2 kali pinggul orang dewasa. Habitat alaminya diperkirakan berada di sekitar Kolombia bagian utara, tempat fosilnya pertama kali di temukan oleh Tim Ilmuwan Internasional pada tahun 2009 lalu di daerah Cerrejon, Kolombia.

Ular ini berhasil bertahan hidup setelah kepunahan Dinoasaurus, setidaknya sampai 10 juta tahun kemudian. Saat ini, kita masih bisa melihat bagaimana besarnya ular purba ini tetapi dalam bentuk replika yang sekarang ini ditampilkan di Grand Central New York. Ular ini sengaja ditampilkan untuk mengobati rasa penasaran banyak pengunjung yang selama ini mengira bahwa ular tersebut hanyalah mitos semata. Berikut ini adalah salah satu foto ular Titanoboa yang ditampilkan di tempat tersebut:

Foto Titanoboa Ular Terbesar di Dunia

Foto Titanoboa Ular Terbesar di Dunia

Terbesar 2: Ular Anaconda

Masih ingat film tentang ular besar tahun 90-an lalu? Yah, dialah Anaconda, kami tempatkan di urutan ke-2 sebagai ular terbesar di dunia. Anaconda terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Anaconda hijau dan Anaconda kuning. Ular ini yang banyak hidup di kawasan perairan dan rawa Amazon, Brazil. Ukuran Anaconda dewasa bisa sepanjang tiga mobil atau sekitar 15 meter dengan bobot lebih dari 200 kilogram. Dengan ukurannya itu, Anaconda mampu meremukkan buaya hingga tewas. Berikut ini salah satu foto ular terbesar Anaconda tersebut:

Foto Anaconda Ular Terbesar ke-2 di Dunia

foto anaconda ular terbesar

Ular Anaconda ini sudah beberapa kali berhasil ditangkap oleh manusia. Penangkapan terakhir adalah seperti yang kami informasikan di awal, yakni pada bulan Oktober lalu. Seekor Anaconda berukuran besar berhasil ditangkap di Filipina.

Terbesar 3: Anaconda Sungai Abuna

Sungai Abuna Brazil ternyata menyimpan juga salah satu ular terbesar di dunia berjenis Anaconda. Sebelumnya, memang sudah banyak laporan tentang kemunculan ular raksasa ini. Ular ini memiliki panjang sekitar 13 meter dengan bobot diperkirakan lebih dari 150 kilogram. Salah satu reptil raksasa ini sangat jelas terlihat saat kapal berlabuh di sungai Abuna, Brazil. Bahkan, ular ini terkenal ganas sebab sering kali menyerang kapal-kapal tersebut. Berikut ini adalah salah satu foto Anaconda Abuna yang pernah tertangkap kamera:

Foto Anaconda Abuna Ular Terbesar ke-3 di Dunia

foto anaconda abuna ular terbesar

Terbesar 4: Ular Raksasa Kongo

Ular ini raksasa ini pertamakali terpantau di Kongo beberapa tahun silam. Saat itu, seseorang berhasil menangkap penampakannya menggunakan kamera dari atas helikopter. Di perkirakan, ular ini memiliki panjang tubuh sekitar 16 meter. Ular ini terkenal ganas, terbukti ketika helikopter mencoba berkeliling di atasnya, ular ini sempat beberapa kali menyerang. Foto dibawah ini diambil dari udara memperlihatkan penampakan ular tersebut:

Foto Ular Terbesar ke-4 di Dunia dari Kongo

ular terbesar di dunia kongo

Terbesar 5: Ular Nabau Kalimantan

Tahun 2009 lalu pernah dirilis salah satu foto udara tentang penampakan seekor ular besar di sebuah sungai sekitar Kalimantan. Banyak yang mempercayai bahwa ular tersebut adalah ular Nabau yang memang sudah melegenda di Kalimantan. Dari apa yang tertangkap di kamera, ular tersebut diperkirakan memiliki panjang sekitar 30 meter. Berikut ini adalah foto penampakan ular terbesar tersebut:

Foto Ular Nabau Terbesar ke-5 di Dunia

Foto Ular Nabau Terbesar ke-5 di Dunia

Terbesar 6:  Ular Phyton Guihua

Selain di Kalimantan, ular terbesar di dunia dapat juga ditemukan di Sumatera, yakni ular Phyton Guihua. Ular raksasa ini pernah tertangkap oleh warga setempat tahun 2002 lalu. Ular ini tidak kalah besarnya dengan ular-ular yang kami sebutkan di atas. Dengan panjang tubuh lebih dari 14 meter dan bobotnya sekitar 400 kg, ular ini layak dikategorikan sebagai ular raksasa. Berikut ini adalah foto penampakan ular Phyton Guihua tersebut:

Terbesar 7: Ular Phyton Filipina

Ular terbesar di dunia selanjutnya pernah tertangkap di Filipina. Ular berjenis Phyton ini banyak hidup di dalam hutan hujan tempat suku Agta Filipina bermukim. Reptil raksasa ini mendapat perhatian khusus dari seorang Ilmuwan internasional, Thomas Headland. Dari rangkaian penelitian yang dilakukannya, ditemukan fakta yang mengejutkan bahwa banyak dari anggota-anggota suku Agta yang sudah menjadi korban keganasan ular ini. Suku itu sendiri telah melakukan serangkaian penangkapan terhadap ular Phyton tersebut. Berikut ini adalah salah satu foto hasil penangkapan ular Phyton yang dilakukan oleh suku Agta:

Foto Ular Phyton Filipina

Foto Ular Phyton Filipina  

Terbesar 8: Ular Boa China

Ular terbesar di dunia selanjutnya datang dari Jiangxi, China. Ular berjenis Boa ini secara tidak sengaja ditemukan oleh pekerja yang sedang membangun jalan baru di sekitar hutan. Kehadiran pekerja dan bisingnya alat berat sepertinya mengusik ketenangan ular tersebut. Dengan tubuh raksasa, ular tersebut tiba-tiba saja menampakkan dirinya mengejutkan para pekerja. Salah seorang pekerja sempat mengabadikan momen kehadiran ular Boa tersebut lewat sebuah foto. Berikut ini penampakannya: 

Foto Ular Boa Terbesar ke-8 di Dunia

Foto Ular Boa Terbesar ke-8 di Dunia
Dari foto di atas, kita bisa lihat bagaimana besarnya ular tersebut. Ular ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 16 meter dengan bobot lebih dari 400 kg. 
 
INILAH 8 ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH TERTANGKAP

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH TERTANGKAP