Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

16 IBLIS TERKENAL DAN TERKUAT DI DUNIA

Apa yang terbesit dalam pikiran anda bila mendengar kata Iblis? Sosok yang menyeramkan kah, atau biang kerok penyebab manusia jatuh kedalam pelukan dosa. Lain keyakinan agama lain pula definisi tentang peranan Iblis. Dalam artikel ini kita batasi pembahasannya bukan dipandang dari sudut agama melainkan eksistensi menarik mereka sampai kisah mereka diangkat dalam literatur film.
16 Iblis terkenal dan terkuat di dunia ini sangat sering dijadikan pembahasan orang, bukan karena gaya hidup glamour mereka layaknya artis kelas papan atas tapi kekuasaan mereka di dunia untuk mempengaruhi manusia dengan tipu daya muslihat terhebat sampai manusia lupa akan kebaikan Tuhan sang pencipta bahkan berani untuk melawan kehendak -Nya. Sahabat kejadiananeh.com inilah 16 iblis terkenal dan terkuat di dunia yang sampai akhir jaman masih tetap eksis.
1. Lucifer, Raja dari segala Raja Iblis 

16 Iblis Terkenal dan Terkuat di Dunia

Dalam literatur agama Samawi, Lucifer (Azazil) dikatakan "iblis paling terkenal di dunia" memiliki pangkat paling tinggi sebagai Satan (Rajanya Raja Iblis) dalam dunia hantu per hantuan. Julukannya terkenal sebagai bapak segala pendusta, bintang timur, pembawa cahaya, putra fajar yang terjatuh ke bumi yang diusir dari Surga karena telah menentang Tuhan dan menjadi malaikat yang jatuh (fallen archangel). Ia merupakan perwakilan dari 'kebanggaan' di 7 Dosa Mematikan, dosa pokok '7 Deadly Sins'. Uniknya, jika Anda menonton Film Constantine, Lucifer membunuh Mammon, karena ia terlalu bangga akan dirinya dan tidak memperbolehkan anaknya sendiri untuk melebihi kepopuleran dirinya.
Pada awalnya dikatakan, Lucifer merupakan malaikat dengan peringkat tertinggi yang selalu dekat dengan Tuhan dan oleh karena itu Tuhan memperbolehkannya untuk berkuasa atas bumi. Sayangnya, karena Lucifer sangat mencintai dirinya (sombong) dan ingin berkuasa atas singgasana alam semesta termasuk kerajaan surga. Ketika Tuhan meninggalkan tempat duduk singgasananya, ia berani menduduki tempat duduk tersebut.
Hal ini membuat para malaikat di surga murka karena dianggap tidak menghormati Tuhan. Peperangan antara malaikat di surga pun terjadi sampai akhirnya Malaikat Michael turun tangan dan berhasil mengusir Lucifer dari Surga bersamaan dengan malaikat lain yang mendukungnya. Namanya pun diubah menjadi Satan.
2. Asmodeus sang Penguasa Nafsu Birahi


Asmodeus atau Ashmedai (dalam bahasa Hebrew) adalah raja para iblis yang disebutkan dalam Buku Tobit. Asmodeus juga sempat disinggung di beberapa legenda Talmud antara lain dalam kisah pembangunan Kuil Salomo. Dalam ajaran Kristen Renaissance, dia dikenal sebagai Raja dari Sembilan Neraka. Dia juga menempati posisi sebagai salah satu dari tujuh Pangeran Neraka. Asmodeus sering digambarkan sebagai bentuk dari nafsu birahi Lust, salah satu dari ketujuh dosa mematikan.
Penampakan dirinya digambarkan memiliki tiga kepala, yang pertama adalah banteng, kedua menyerupai manusia dan ketiga adalah domba jantan. Selain itu, ia memiliki ekor ular dan dari mulutnya muncul api dan berdudukkan di atas naga neraka. Manusia yang tergoda dalam godaan Asmodeus akan dihukum selamanya dalam neraka tingkat dua 'neraka tingkat dua adalah tingkatan bagi mereka yang terkait dengan dosa seks dan pikiran kotor, hukumannya adalah berada dalam badai yang luar biasa mengerikan'.
3. Astaroth (Innana/Isis)

Astaroth adalah bentuk pria dari Iblis Astareth. Astaroth seringkali digambarkan sebagai iblis yang mengenakan mahkota, memegang ular beracun disalah satu tangannya dan menunggangi seekor binatang bersayap naga dengan berbuntut ular. Astaroth sering dijuluki Pangeran Bermahkota dari Neraka. Dia dianggap sebagai dewa gairah oleh suku Phoenician yang legendaris.
Dalam versi cerita lain Astaroth dikatakan Bangsawan Tingkat Satu di Neraka (Tingkatan di Neraka dapat dibagi dari tingkat satu sampai tiga dimana satu adalah yang paling kuat). Di zaman modern, bersamaan dengan Beelzebub, ia mewakilkan kemalasan dalam Iblis penyebab 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Sebagai Iblis, ia akan menggoda dan menarik manusia ke siksaan tiada akhir, tetapi di sisi lain ada yang mengatakan bahwa ia lah yang memberikan manusia kekuatan sihir (black magic) untuk menguasai ular, bagi yang menyembahnya.
4. Leviathan, Iblis Laut dengan Mulut Besar Mengerikan


Mungkin Anda sudah sering mendengar nama Leviathan, baik lewat film atau literatur dimana ia sering muncul sebagai sebuah mahluk dengan mulut besar mengerikan di laut yang akan memangsa segalanya. Leviathan sendiri merupakan perwakilan Iri Hati, Dengki (envy) dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins).
Mengapa ia sering dikaiktan dengan mulut besar mengerikan dan laut? Hal ini dikarenakan Leviathan merupakan penguasa lautan yang menyimbolkan air, bersamaan dengan Behemoth si penguasa daratan, dan Ziz si penguasa udara. Mulut besarnya disebabkan karena ia merupakan penjaga Neraka dimana mulutnya sering diasosiasikan dengan pintu neraka.
5. Behemoth, Iblis penguasa bagian timur Taman Eden


Behemoth adalah makhluk menakutkan yang sering disebut dalam beberapa kisah mitologi. Namanya sendiri memiliki arti makna 'sesuatu yang sangat kuat'. Dalam ajaran Yahudi, Behemoth adalah monster yang menguasai daratan (dimana Leviathan menguasai air dan Ziz menguasai udara). Dia tinggal di sebuah gurun tak terlihat, sebelah timur Taman Eden. Dikatakan bahwa ketika hari kiamat tiba, sosok Behemoth akan muncul dan berperang melawan Tuhan beserta umatnya yang percaya.
6. Beelzebub (Baal/Bael)


Baal atau Bael atau dalam bahasa arabnya Ba'al az-Zubab, merupakan Raja Pertama Neraka yang juga menyimbolkan "kerakusan, ketamakan", dimana ia akan mengajak manusia untuk memilih-milih makanan, makan makanan yang mahal, banyak dan secara rakus.
Ia juga sering diasosiasikan dengan wujud sebagai Dewa Lalat dan keberadaannya dikatakan merupakan musibah bagi manusia dan surga sendiri. Hal ini mungkin disebabkan karena beberapa kisah mengatakan sebenarnya ia adalah identitas lain (jelmaan) dari Satan dan ia merupakan Raja Pertama dari Neraka yang mengajarkan ilmu menghilang.
7. Cimeries


Cimeries atau yang memiliki nama lain Kimaris adalah iblis yang menguasai benua Afrika. Digambarkan sebagai ksatria yang menunggangi kuda hitam. Konon dia memiliki kemampuan untuk mendeteksi harta karun yang tersembunyi. Konon, dia juga mampu mempengaruhi banyak orang untuk menjadi seorang prajurit yang melayani dan mengabdikan hidup kepada dirinya.
8. Mammon


Pernahkah anda menonton film Constantine, mungkin anda masih ingat tentang Iblis Mammon sebagai anak dari Lucifer. Ya, hal itu tidak salah, beberapa versi mengatakan bahwa Mammon adalah anak dari Satan yang merupakan salah satu dari 7 pangeran neraka dengan simbol keserakahan dan kekayaan (greed).
Mammon sering diasosiasikan dengan wujud Iblis yang sangat rakus dengan uang, kaya dan juga pelit. Ia akan menambah kekayaannya dengan merampas kekayaan para penyembahnya. Uniknya, kata 'Mammon' di istilah non-formal Jerman, memiliki arti kata uang.
9. Azazel 


Azazel dikatakan adalah salah satu dari 4 Raja Neraka selain Astaroth, Beelzebub dan Satan. Ia sering dikaitkan dengan kegelapan dan kekeringan di padang pasir, bahkan Azazel-lah yang dikatakan membuat kejahatan di dunia, hingga akhirnya air Bah datang untuk membersihkan kejahatan tersebut.
Beberapa menyebutkan bahwa Azazel merupakan malaikat yang memberikan manusia pengetahuan, padahal itu bukan tugasnya dan seharusnya hal itu tidak boleh diajarkan, terlebih ia mengajarkan manusia untuk menanyakan mengenai hukum alam. Oleh karena itu, beberapa orang mengatakan bahwa ia merupakan ular yang menggoda Hawa untuk memakan buah pengetahuan. Hal ini membuatnya diusir dari Surga dan diikat di puncak bebatuan sampai Kiamat dan Hari Penghakiman tiba.
10. Abaddon

Iblis Terkenal dan Terkuat di Dunia

Abaddon atau Apollyon menjadi "Iblis Terkuat Di Dunia" yang kedua setelah Raja Iblis Lucifer, julukannya memiliki arti 'Kebinasaan' atau 'Si Penghancur'. Ia disebut-sebut merupakan raja dari lubang tanpa dasar (jurang maut) yang berisikan jiwa-jiwa yang tersesat dan raja dari musibah belalang (locust). Ia sering disetarakan dengan Asmodeus yang merupakan salah satu raja neraka serta dikatakan bahwa ia lah yang pada akhirnya akan membawa kebinasaan ke dunia.
Ada kisah lain yang menceritakan bahwa Abaddon dikatakan adalah malaikat yang bernama Muriel dan diberikan tugas oleh Tuhan untuk mengumpulkan tanah yang akan digunakan untuk menciptakan Adam, si manusia pertama. Sesudah tugasnya selesai, ia ditunjuk sebagai pelindung segalanya (guardian). Semua mahluk takut akannya, termasuk malaikat, iblis dan mahluk lainnya. Ada yang mengatakan bahwa ia adalah malaikat kematian.
11. Coyote


Penduduk kuno di Afrika sangat takut akan legenda Coyote, Iblis bertubuh manusia yang memiliki kepala seekor anjing. Mungkin ini adalah yang orang barat sebut sebagai Werewolf. Konon, seseorang yang melihat penampakan Coyote dipercaya hidupnya akan tertimpa malapetaka.
12. Dagon 


Dagon oleh masyarakat kuno Filipina dikenal sebagai iblis pembalas dendam. Eksistensi dirinya sangat terkenal oleh suku-suku kuno di seluruh dunia, antara lain oleh masyarakat Babilonia, Amorit, Akkadian dan Filipina. Beberapa teori mengaitkan bahwa Dagon adalah Kraken dari mitologi Yunani, mengingat kesamaan tugas yaitu sebagai makhluk pembalas yang akan menghancurkan segalanya.
13. Belphegor


Belphegor adalah lambang kemalasan (sloth) dari 7 dosa mematikan.  Memiliki wujud sebagai iblis mengerikan yang berjenggot, memiliki tanduk dan berkuku tajam.
Ia akan memberikan seseorang kekayaan dengan cara apapun, biasanya melalui penemuan-penemuan yang luar biasa. Setelah orang itu kaya, maka biasanya ia akan bermalas-malasan, hal inilah yang diincar oleh Belphegor, karena ia bertugas menghasilkan kemalasan yang pada akhirnya berujung ke perpecahan sampai timbulnya peperangan sehingga menyebabkan kematian massal manusia.
14. Damballa


Damballa adalah iblis ular dalam ajaran Voodoo. Dia diyakini sebagai Dewa Langit yang menciptakan kehidupan. Dia sangat dihormati oleh para dukun voodoo yang dikenal dapat menciptakan zombie. Dalam kepercayaan Katholik, beberapa sumber yang belum dapat dibuktikan keabsahannya, menyebutkan bahwa dia adalah ular jelmaan dari tongkat Nabi Musa.
15. Mormo, Iblis paling culun beraninya gigit anak kecil


Dalam mitologi Yunani, Mormo dikenal sebagai Iblis atau Pangeran Setan yang suka menggigit anak nakal. Dia disebut sebagai teman dari Dewi Hecate. Dia juga disebut sebagai Pangeran Ghoul (setan pemakan mayat menurut mitologi Arab)
16. Mictlantecuhtli

Iblis Terkenal dan Terkuat di Dunia

Mictlantecuhtli berarti "Raja Mictlan". Dalam mitolgoi suku Aztec, Mictlan adalah dewa kematian yang menempati bagian terbawah alam kubur. Pemujaan terhadap Mictlan adalah memakan daging manusia (kanibalisme). Upacara ini dilakukan dengan pengorbanan daging segar manusia yang dimakan secara bersamaan di sekitar kuil pemujaan.
Sahabat 16 iblis terkenal dan terkuat di dunia ini bagi sebagian kecil orang masih banyak yang meyakini eksistensi mereka bahkan ada ritual kelompok pemujaan sesat tertentu yang mencari harta, tahta dan kekuasaan. Sebagai gantinya mereka rela untuk mempersembahkan tumbal nyawa keluarga dan mengabdikan roh jiwanya untuk dibawa ke neraka. 

INILAH 16 IBLIS TERKENAL DAN TERKUAT DI DUNIA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 16 IBLIS TERKENAL DAN TERKUAT DI DUNIA