Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

10 NEGARA DENGAN EKONOMI TERBESAR DI DUNIA

10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia
 

10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia

Kemajuan suatu negara yang ada di seluruh Dunia pasti sangat terpengaruh oleh yang namanya Ekonomi. Semakin maju ekonomi negara tersebut tentu itu juga akan mempengaruhi beberapa sektor lainnya untuk maju seperti kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Tak pelak negara yang memiliki ekonomi yang maju dan modern bisa memiliki pengaruh penting dalam pergaulan Internasional dan menjadi patokan negara-negara lainnya dalam mengambil keputusan atau kebijakan ekonomi hingga politik.

Perekonomian suatu negara sangat dipengaruhi oleh kualitas SDM dan SDA yang ada di Negara tersebut, yang mana kedua komponen vital inilah yang nantinya akan menentukan suatu negara itu untuk terus berkembang dan menuju kemapanan ekonomi yang kuat. Sudah di tebak bahwa negara-negara dengan ekonomi terbesar dan termaju di Dunia ini didominasi negara yang memiliki Ilmu Pengetahuan dan Terknologi (IPTEK) yang juga mumpuni.

Mengambil dari Database Badan Moneter Internasional (IMF) yang dipubikasikan pada bulan April 2015 kemarin, Inilah daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia 2015 yang memiliki PDB Terbesar (Nominal). Yang mana terlihat negara Adidaya Amerika Serikat masih menjadi yang terbaik sebagai Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia diikuti oleh negara paling berkembang di Dunia saat ini yaitu China.

Oke sebelum lanjut ke daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia yang saya akan tuliskan untuk sobat semua, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan disini. Yang mana 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia ini didasarkan pada besaran Pendapatan Domestik Bruto (PDB) “Nominal” dengan menggunakan konversi mata uang mutlak. Sedangkan dilain sisi sebenarnya ada satu lagi Metode yang dapat mengukur besaran PDB suatu negara yaitu dengan Metode “PPP” Purchasing Power Parity atau Kemampuan Daya Beli. Oke mungkin labgsung saja ke inti pembahasan kali ini tentang 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia berdasar pada PDB “Nominal” 2015 ditambah dengan Proyeksinya di tahun 2016 yang sudah didepan mata.

1 | Amerika Serikat >> Amerika Utara

PDB (Nominal) >> 18,125 Triliun Dollar
Persentase >> 23,45%
Proyeksi PDB 2016 >> 18,959 Triliun Dollar

Sudah diduga Amerika Serikat masih sangat dikdaya dalam perekonomian Dunia dengan menjadi Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia. Negeri yang menganut paham ekonomi kapitalis ini merupakan acuan utama kebijakan ekonomi dari negara-negara lainnya yang ada di Dunia. Jangan salah ketika Amerika serikat terkena “Flu” saja maka negara lainya pasti akan terkena dampaknya.

Sektor Industri sudah pasti merupakan ujung tombak perekonomian negeri paman sam, mulai dari pertambangan, manufaktur hingga ke Industri Keuangan yang berpusat di New Yok. Startups teknologi yang lagi naik daun akhir-akhir ini banyak muncul, tumbuh dan berkembang dengan cepat khususnya di Negara bagian California. Beberapa Bursa Saham Terkemuka di Dunia tercatat bermarkas di Negeri ini sebut saja Dow Jones, Nasdaq dan S&P 500.

2 | China >> Asia

PDB (Nominal) >> 11,212 Triliun Dollar
Persentase >> 14,50%
Proyeksi PDB 2016 >> 11,968 Triliun Dollar

China seperti yang saya sebutkan sebelumnya merupakan negara paling bekembang di Dunia sampai saat ini. Negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Dunia ini selalu terdepan dalam perkembangan ekonomi Dunia dengan mampu memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi di Dunia beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh dengan positif membuat negeri China mampu menempati urutan 2 sebagai Negara Ekonomi Terbesar di Dunia serta berhak duduk nyaman dalam daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia.

3 | Jepang >> Asia

PDB (Nominal) >> 4,210 Triliun Dollar
Persentase >> 5,45%
Proyeksi PDB 2016 >> 4,348 Triliun Dollar

Jepang yang seperti kita ketahui sangat mendominasi industri otomotif Dunia termasuk Indonesia dengan beberapa merk otomotif terkemuka seperti Toyota, Honda hingga Suzuki. Negara ini juga terkenal akan perkembangan teknologinya yang selalu terdepan dan up to date. Negara kepulauan yang berada di Asia Timur ini juga terkenal akan kedisiplinannya.

4 | Jerman >> Eropa

PDB (Nominal) >> 3,413 Triliun Dollar
Persentase >> 4,42%
Proyeksi PDB 2016 >> 3,513 Triliun Dollar

Hampir sama dengan Jepang, Negara Jerman juga terkenal akan industri otomotifnya. Namun yang membedakan dengan Jepang adalah dimana industri otomotif Jerman menyasar pasar otomotif premium. Mercedez Benz dan BMW adalah bukti kemajuan Jerman dalam mengembangkan sektor otomotifnya. Selain industri otomotif, Jerman juga terkenal dengan Industri kesehatan yang juga menjadi tulang punggung perekonomian Negara Ekonomi Terbesar di Uni Eropa ini.

5 | Inggris >> Eropa

PDB (Nominal) >> 2,853 Triliun Dollar
Persentase >> 3,69%
Proyeksi PDB 2016 >> 2,981 Triliun Dollar

Nama Inggris berhasil masuk dalam daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia 2015 tepatnya di peringkat 5 Dunia. Negara yang menganut paham Monarki ini selain menjadi salah satu Negara Termaju di Dunia juga sudah sangat terkenal dalam dunia Olahraga khususnya Sepakbola. Selain itu yang menonjol dari Inggris lainnya adalah sektor Pendidikan dan Wisata Kota.

6 | Prancis >> Eropa

PDB (Nominal) >> 2,470 Triliun Dollar
Persentase >> 3,19%
Proyeksi PDB 2016 >> 2,526 Triliun Dollar

Prancis menjadi Negara ketiga dari Benua Eropa dalam daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia tahun 2015 ini. Negara yang beribukota di Paris ini merupakan markas besar dari salah satu perusahaan Lokomotif Pesawat Terbesar di Dunia yaitu Airbus.

7 | India >> Asia

PDB (Nominal) >> 2,308 Triliun Dollar
Persentase >> 2,99%
Proyeksi PDB 2016 >> 2,510 Triliun Dollar

Hampir sama dengan China, India juga merupakan negara yang sangat berkembang dengan dukungan SDM murah yang melimpah.

8 | Brasil >> Amerika Selatan

PDB (Nominal) >> 1,904 Triliun Dollar
Persentase >> 2,46%
Proyeksi PDB 2016 >> 1,927 Triliun Dollar

Brasil adalah salah satu negara dalam kelompok negara ekonomi BRIC yang sudah masuk dalam 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar. Negara pemilik hutan dan sungai terbesar di Dunia ini juga sangat ditopang dari bibit-bibit pemain Bola profesional yang tentu menjadi penyumbang devisa negara terbesar.

9 | Italia >> Eropa

PDB (Nominal) >> 1,843 Triliun Dollar
Persentase >> 2,38%
Proyeksi PDB 2016 >> 1,880 Triliun Dollar

Dan Italia menjadi Negara keempat dari Benua Biru dalam daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia.

10 | Kanada >> Amerika Utara

PDB (Nominal) >> 1,615 Triliun Dollar
Persentase >> 2,09%
Proyeksi PDB 2016 >> 1,684 Triliun Dollar

Tetangga dekat dari Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia ini tampaknya tak mau ketinggalan jauh dengan Amerika Serikat dalam hal Ekonomi dengan mampu masuk dalam daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia 2015 dan Proyeksi untuk tahun 2016 mendatang akan bisa bertahan terutama dari gangguan Negara K-Pop Korea Selatan yang membuntuti di urutan 11.

Dari 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia diatas jelas terlihat didominasi oleh negara-negara maju serta negara-negara yang memiliki jumlah penduduk besar seperti China dan India. Sementara Amerika Serikat seperti saya jelaskan sebelumnya masih menjadi negara terdepan dalam perekonomian Dunia sekaligus menjadi salah satu negara Terkaya di Dunia dilihat dari pendapatan per kapita penduduknya.

Total PDB dari 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia ini menghasilkan angka yang fantastis sebesar 49,953 Triliun Dollar dengan persentase mencapai 64,62% dari total PDB Dunia. Dengan persentase sebesar itu tentu 10 Negara ini sangatlah memiliki pengaruh di bidang ekonomi terutama tentu Amerika Serikat dan China. Dan mungkin kitapun bertanya dimanakah Indonesia? Meskipun Indonesia belum masuk dalam daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia tahun 2015 ini namun paling tidak Indonesia bisa masuk 20 besar Dunia tepatnya di peringkat 16 dibelakang Russia dan didepan Turki. Walaupun begitu Ternyata Indonesia juga sudah Masuk dalam jajaran 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia berdasarkan PDB “PPP” yaitu di peringkat 8 besar Dunia mengalahkan Inggris dan Prancis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 NEGARA DENGAN EKONOMI TERBESAR DI DUNIA