Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

10 MALAIKAT DAN TUGASNYA YANG WAJIB DIKETAHUI

Artikel terkait : 10 MALAIKAT DAN TUGASNYA YANG WAJIB DIKETAHUI

Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui  Rukun iman dalam Islam ada 6 perkara dan salah satunya iman kepada malaikat Allah SWT. Maksudnya ialah meyakini akan adanya malaikat-malaikat Allah, meskipun malaikat Allah adalah makhluk ghaib yang diciptakan daru nur atau cahaya dan tidak bisa dilihat oleh kasat mata, namun malaikat juga salah satu dari makhluk ciptaan Allah yang harus kita ketahui. Banyak malaikat-malaikat yang Allah ciptakan seperti malaikat malakal maut, namun yang wajib kita ketahui sebagai umat Islam ada 10 nama malaikat. Tidak ada yang mengetahui berapa jumlah pasti malaikat Allah. Pembahasan kali ini kita akan fokuskan pada 10 nama malaikat dan tugas-tugasnya.

10  Malaikat Allah Dan Tugasnya


Adapun nama-nama malaikat yang wajib diketahui antara lain:

1. Jibril – Malaikat Jibril ini tugasnya adalah menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul. Terdapat ayat yang menjelaskannya di Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 97.

2. Mikail – Jika anda pernah mendapat rizki dalam hidup anda berupa apa saja, bisa harta, kesehatan atau apapun. Ketahuilah bahwa malaikat Mikail lah yang membagikan rizki tersebut. Ya, malaikat Mikail tugasnya adalah membagikan rizki.

3. Israfil – Dalam rukun iman yang terakhir atau yang keenam kita umat manusia khususnya umat muslim wajib beriman kepada hari kiamat. Ketahuilah bahwa pada hari kiamat nanti akan ada malaikat yang bertugas untuk meniup terompet Sangkakala namanya, pertanda bahwa berakhir sudah kehidupan di dunia ini. Malaikat yang mendapat tugas tersebut adalah malaikat Israfil, sang peniup Sangkakala.

4. Izrail – Allah berfirman dalam Al-Qur’an pada surat Ali Imran ayat 185 yang berbunyi “setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati”. Ketahuilah, bahwa malaikai Izrail lah yang bertugas untuk mencabut nyawa.

5. Munkar – Ketika kita sudah mati dan berada dalam kubur, ada malaikat yang akan menanyakan amal perbuatan kita semasa kita hidup dan akan menyiksa kita ketika kita tidak bisa menjawabnya, yakni malaikat Munkar yang bertugas menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.

6. Nakir – Adalah malaikat Nakir yang mempunyai tugas yang sama dengan malaikat Munkar, malaikat Munkar dan Nakir mempunyai tugas yang sama di alam kubur yaitu menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.

7. Raqib – Manusia didunia ini pasti pernah melakukan sesuatu yang baik maupun buruk, terlepas dia sengaja atau tidak. Ketahuilah bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat semua amal perbuatan kita yang baik semasa kita hidup di dunia ini. Dia adalah malaikat Raqib, sang pencatat amal baik.

8. Atid – Jika kita tadi membahas malaikat Raqib yang tugasnya mencatat amal baik manusia pada semasa hidupnya. Lain dengan malaikat Atid, malaikat Atid mempunyai tugas kebalikan dari malaikat Raqib yaitu mencatat seluruh amal buruk perbuatan manusia sema hidup di dunia.

9. Malik – Percayalah bahwa kita semua tidak akan mau menyinggahi tempat yang satu ini, tempat ini diciptakan untuk orang-orang yang kufur kepada Allah SWT, orang-orang yang tidak berada dijalanNya dan tidak pernah patuh kepada perintahNya, tempat tersebut adalah neraka. Dan malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka adalah malaikat Malik.

10. Ridwan – Berbeda dengan yang diatas, jika kita orang yang selalu amanah dijalan Allah SWT, orang yang yang selalu taat pada perintahNya dan layak untuk singgah di surga nya Allah SWT. Ketahuilah, bahwa disana ada malaikat Ridwan sang penjaga pintu surga.

10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui

Malaikat ini Allah ciptakan dari nur atau cahaya, yang sifatnya ghaib. Malaikat diciptakan lebih dulu dari manusia. Malaikat juga diberikan oleh Allah SWT akal namun tidak diberi hawa nafsu, sehingga malaikat hanya menyembah Allah dan taat pada perintah Allah serta selalu tunduk pada Allah.

Demikian pembahasan mengenai 10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui semoga bisa dihafal dengan baik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Sekian terimakasih.

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz