Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

10 MAKANAN YANG SEHAT UNTUK JANTUNG

Penyakit Jantung adalah penyakit yang mematikan no. 1 di dunia. Perkembangan zaman yang segalanya serba praktis membuat tingkat penderita penyakit Jantung meningkat.

Dengan pola hidup yang kurang sehat dan gaya hidup yang tidak stabil dan juga tingkat stress yang tinggi membuat kesehatan berkurang seiring dengan usia.

Ternyata disekitar kita banyak makanan yang diperjual belikan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Apa saja makanan tersebut? Yuk, baca lebih lanjut uraian berikut :

Beberapa makanan yang sehat untuk menjaga jantung tetap sehat :  

1. Ikan Segar

ikan

Ikan Segar

Kandungan pada ikan segar adalah Omega 3. Yang bermanfaat menurunkan tekanan darah. Selain itu ikan Segar mengandung asam amino yang membantu perkembangan otak pada balita. Dan beberapa kandungan lain seperti Vitamin A, B, D, zat besi, yodium, selenium dan lain sebagainya.

2. Teh


teh

Teh

Teh mengandung antioksidan polifenol. Seiring dengan zaman, banyak macam-macam teh yang di kembangkan. Seperti teh putih yang sedang populer akhir-akhir ini. Lansia di Jepang mengalami penurunan resiko kerusakan pada otak setelah mereka mengkonsumsi teh hijau 2×1 hari. Hal ini di sebabkan teh memiliki kandungan, polifenol, flouride, asam amino. Teh juga mengandung kafein.

3. Kacang-Kacangan


kacang-kacangan

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan sering identik dengan jerawat, dan hal ini hanya mitos. Kacang mengandung asam folat yang berguna membantu meningkatkan kesuburan. Pada penelitian menunjukan 70% wanita hamil mengurangi dampak cacat sistem saraf pada anaknya setelah mereka mengkonsumsi 400 mikrogram asal folat setia harinya.

Kacang juga membantu peraturan gula darah, membantu memulihkan saraf stress, kacang-kacangan mengandung vit B3 yang membantu meningkatkan kekuatan memori otak, dan membantu sistem kerja saraf otak. Telah terbukti menurut penilitan jika mengkonsumsi kacang secara teratur minimal 4x dalam seminggu maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

4. Paprika

paprika

Paprika

Paprika mengandung vit A, kalium, vit C dan antioksidan. Kalium membantu menyeimbangkan cairan dan sel yang berhubungan dengan otot. Paprika banyak mengandung zat gizi untuk mecegah kanker, penyakit jantung koroner, dan diabetes. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada paprika memberikan manfaat anti kanker pada tubuh. Dan vit C dapat memberikan sistem kekebalan tubuh.

5. Sayuran Hijau


sayuran

Sayuran

Pada sayuran hijau terkandung nitrat yang berfungsi untuk menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Dan antioksidan pada sayuran dapat menjaga kesehatan jantung. Contoh sayuran yang baik untuk di konsumsi adalah bayam dan kangkung.

6. Bawang Putih

 bawang putih

Bawang Putih

Bawang putih berkhasiat sebagai antibiotik yang alami dalam tubuh. Bawang putih digunakan sebagai obat alami yang telah di gunakan pada ribuan tahun yang lalu, pada zaman Yunani kuno bawang putih telah di uji dan di berikan pada pekerja piramid agar mereka tetap terjaga kesehatannya. Bawang putih juga berguna menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang terkandung makanan.

7. Buah Berry
 
buah berry

Buah Berry

Buah berry mengandung antioksidan yang tinggi, dan buah ini dapat meningkatkan HDL juga menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung kandungan flavanoid dan antioksidannya melawan peradangan dan radikal bebas. Pengaruh kandungan karotenoid pada buah ini mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

8. Jeruk

 jeruk

Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vit C, kandungan vit C berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh menurunkan kolesterol. Jeruk juga mengandung fitokomia, kalium, antioksidan juga serat yang di butuhkan dalam tubuh.

9. Gandum


 gandum

Gandum

Contoh gandum yang baik untuk di konsumsi yang menjaga jantung sehat adalah oat dan pasta, gandum mengandung serat, zat besi, mineral dan folat. Sangat berguna untuk menurunkan kolesterol.

10. Beras
  
beras

Beras

Dengan mengkonsumsi beras maka akan mengurangi penyakit jantung dan darah tinggi. Beras mengandung 12 vit esensial untuk tubuh salah satunya kalium, asam folat, vit C dan lemak jenuh yang rendah.

INILAH 10 MAKANAN YANG SEHAT UNTUK JANTUNG

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 MAKANAN YANG SEHAT UNTUK JANTUNG