Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

10 KOTA TERBESAR DI DUNIA 2016

10 Kota Terbesar di Dunia 2015/2016

10 kota terbesar di dunia

10 Kota Terbesar di Dunia 2015/2016 
Perkembangan sebuah kota dari sekedar kota biasa ke Metropolitan hingga ke Kota Urban Megapolitan ataupun Cosmopolitan tentu itu menunjukan sebuah siklus kota yang mau tak mau harus berlangsung. Banyak kota besar dari berbagai Negara yang menjelma menjadi pusat bisnis, keuangan, pemerintahan, ekonomi hingga industri dengan jumlah penduduk yang sangat besar.

Status sebagai ibukota ataupun kota Industri membuat kota tersebut menjadi tempat terbaik arus urbanisasi dimana orang-orang berjuang untuk bisa sukses dan mendapatkan kehidupan lebih baik. Keadaan tersebut membuat kota tersebut menjadi sangat pada dan membuat sebuah kawasan urban atau kota urban terbesar dengan beberapa kota penyanggah.

Menurut data dari Demographia World Urban Area 2015, Tokyo – Yokohama menjadi Kawasan ataupun Kota Terbesar di Dunia dengan total populasi penduduk menyentuh angka 37,8 juta jiwa.

Dan ini yang menjadi kabar baik dan juga bisa menjadi kabar buruk dimana Jakarta dengan kawasan urbannya Jabodetabek menempati urutan kedua sebagai Kota Terbesar di Dunia 2015 dan bahkan akan tetap bertahan hingga tahun 2016 dan tahun-tahun berikutnya.

Lebih jauh mengenai kota-kota terbesar yang ada di Dunia ini maka saya mencoba untuk menuliskan untuk sobat semua 10 Kota Terbesar di Dunia 2016 yang diambil dari data Demographia 2015 di bawah ini.


1 | Tokyo > Jepang
Populasi Penduduk > 37,8 Juta


Tokyo dengan jumlah penduduk mencapai 37,8 juta dinobatkan sebagai Kota Terbesar di Dunia saat ini. Ibukota negara Matahari Terbit ini merupakan kawasan urban bersama Yokohama, Kawasaki dan Chiba.
 
Kota Tokyo sendiri selain dikenal sebagai kota Megapolitan yang padat tapi juga dikenal sebagai kota yang ramah pengunjung dan tentunya memiliki kelengkapan fasilitas umum yang modern. Selain itu Tokyo juga dikenal sebagai salah satu kota dengan kekuatan ekonomi terbesar di Dunia dan Asia khususnya.

2 | Jakarta > Indonesia
Populasi Penduduk > 30,5 Juta




Dari 10 Kota Terbesar di Dunia ternyata Jakarta dengan Kota Urbannya yang bernama Jabodetak mampu menempati peringkat 2 besar. Seperti kita ketahui selain menjadi kota urban terbesar di dunia, Jakarta juga merupakan salah satu kota terpadat dan menjadi pusat perekonomian terbesar di Indonesia.
 
Jakarta dengan beberapa kota penyanggah atau satelit nya seperti Bogor, Bekasi, Depok dan Tangerang adalah kawasan favorit dari arus urbanisasi dari pelosok negeri ini. Kawasan ini mewakili lebih dari 10% jumlah penduduk Indonesia dengan 30,5 juta jiwa warga kota padahal kawasan ini tidaklah lebih dari 1% dari luas wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

3 | Delhi > India
Populasi Penduduk > 24,9 Juta


Delhi atau sering dipanggil juga dengan New Delhi adalah kota terbesar di India sekaligus juga merupakan kawasan bisnis terdepan dengan sokongan 24,9 juta jiwa yang tinggal dan bekerja di kota ini. Ada sekitar 20 bahasa yang digunakan penduduk di Delhi dan di antaranya adalah bahasa Hindi dan Inggris.

Masalah yang banyak menghantui kota-kota besar yang ada di Dunia adalah kepadatan penduduk yang semakin tinggi dan itu jugalah yang terjadi di Delhi. Namun itu wajar karen memang India adalah Negara ke 2 dengan jumlah penduduk terbesar di Dunia setelah China tentunya. Sehingga tak pelak membuat kota-kota di Negeri Bollywood ini akan penuh sesak.

4 | Manila > Filipina
Populasi Penduduk > 24,1 Juta


Manila menjadi kota besar kedua yang berasal dari salah satu kawasan paling berkembang di Dunia yaitu ASEAN atau Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 10 Kota Terbesar di Dunia saat ini.

Kawasan Metro Manila memang bukan sekedar memiliki penduduk yang besar tapi juga dikenal akan kota yang padat. Bahkan saking padatnya sampai-sampai ada daerah yang dalam 1 km2 dihuni hingga 100.000 jiwa.

5 | Seoul > Korea Selatan
Populasi Penduduk > 23,48 Juta



Langsung kita lihat ke peringkat 5 yang di huni Ibukota Negeri Gingseng Korea Selatan. Seoul tak berbeda jauh dari Tokyo yang berasal dari kawasan Asia Selatan dengan Ras Kuning nya. Kota ini selain padat juga merupakan kota terpenting di Korsel utamanya dari segi ekonomi.
 
Kota ini selain menikmati predikat yang disandang Negaranya yang merupakan Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia juga merupakan satu dari sekian banyak kota yang mengedepankan lingkungan, maka tak salah bila Seoul disebut sebagai salah satu kota terbersih di Dunia.

6 | Shanghai > China
Populasi Penduduk > 23,41 Juta


Bicara soal kota Shanghai tentu kita bisa membayangkan bahwa kota ini adalah kota metropolitan sekaligus megapolitan yang menjadi pusat keuangan dan ekonomi terbesar di China dan salah satu yang terbesar di Asia bahkan Dunia.
 
Pelabuhan Shanghai merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Dunia yang melayani barang-barang yang masuk dan keluar dari China. Kota ini menyajikan kehidupan kota yang tak pernah tidur dengan pancaran cahaya dari banyak gedung-gedung tertinggi yang membentang di daratan kota Shanghai.
 
Tercatat ada sekitar 35 gedung dengan ketinggian lebih dari 200 m dan 2 yang tertinggi yaitu Oriental Perl TV Tower dan Shanghai World Financial Center yang memiliki ketinggian lebih dari 450 m yang menghujam langit kota Shanghai.

7 | Karachi > Pakistan
Populasi Penduduk > 23,1 Juta


Ibukota negara Pakistan yaitu Karachi berhasil menempati peringkat 7 dari 10 Kota Terbesar di Dunia. Kawasan megapolitan ini juga terbilang sangat padat bila dibandingkan dengan kota terbesar lainnya dimana Karachi memiliki kepadatan penduduk mencapai 23.000 per km2, itu hampir sama dengan kawasan kota Jakarta. Kota Karachi adalah pusat pemerintahan dan sekaligus sebagai pusat perekonomian yang menyumbang 20% dari total PDB (Produk Domestik Bruto) negara Pakistan.

8 | Beijing > China
Populasi Penduduk > 21 Juta


Masalah utama dari Beijing adalah polusi yang sangat parah ditambah dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang besar yang tentu akan semakin menambah buruk kualitas udara di lingkungan Ibukota China ini.

9 | New York > Amerika Serikat
Populasi Penduduk > 20,6 Juta



New York, siapa yang tak kenal dengan kota yang dijuluki Big Apple ini. Menjadi kawasan kota komersial terbesar di Dunia membuat kota ini menjadi destinasi utama para imigran baik dari Amerika Serikat itu sendiri hingga para imigran dari berbagai negara yang ada di Dunia ini.
 
Di kota ini tak satupun eknik yang mendominasi karena kota ini merupakan rumah dari banyak orang dan dari banyak golongan. Fakta menarik dari Kota Keuangan Terkemuka di Dunia ini adalah ternyata New York adalah kota dengan tingkat kepemilikan kendaraan / Mobil terkecil di negeri Paman Sam sana. Itu mungkin terlihat wajar mengingat sistem transportasi publik di New York sangatlah memadai dan menjadi salah satu kota dengan sistem transportsi terbaik di Dunia sampai saat ini.

10 | Guangzhou > China
Populasi Penduduk > 20,5 Juta


Inilah Kota ketiga dari negeri China yang masuk daftar 10 Kota Terbesar di Dunia setelah Shanghai dan Beijing yaitu Guangzhou. Kalau Beijing merupakan pusat pemerintahan dan Shanghai adalah pusat bisnis dan keuangan maka Guangzhou adalah pusat dari Industri di China. Guangzhou – Foshan menjadi kawasan urban yang memiliki tingkat urbanisasi tertinggi di China bahkan di Dunia.

Berminat untuk hidup di sebuah kota urban terbesar yang padat? Bagi sebagian besar orang tentu hidup di sebuah kota besar merupakan sebuah kebutuhan dimana di kota dengan perputaaran uang yang besar merupakan tempat terbaik untuk berkarir dan berusaha.

Memang kota-kota besar dengan jumlah penduduk yang mencapai puluhan juta bukanlah tempat yang menyenangkan untuk menikmati kehidupan tapi dengan segala fasilitas yang mumpuni tentu membuat kota Megapolitan pun bisa ramah untuk hidup.

Kita bisa ambil contoh Tokyo dan New York dimana kedua kota ini selain menjadi bagian dari 10 Kota Terbesar di Dunia juga memiliki kualitas hidup yang tinggi dibuktikan dengan segala fasilitas publik yang memadai dan modern yang siap memanjakan setiap warga yang tinggal dan bekerja di kedua kota ini.

Tapi adakalanya kota-kota urban khususnya di negara berkembang kurang memiliki kualitas kota yang layak seperti Beijing dengan Polusinya dan Jakarta dengan Banjir dan kemacetannya yang parah ditambah fasilitas pubilk yang terbatas dan tingkat keamanan yang masih rendah. Memang kalau kita lihat perbedaan dari kota terbesar negara bekembang dan dari negara Maju sangatlah nyata pada segi kualitas kota tersebut.

Kita lihat lagi keatas dari 10 Kota Terbesar di Dunia nyatanya didominasi oleh kota-kota di benua Asia yang hanya menyisakan 1 tempat saja untuk New York asal Amerika. China yang notabene merupakan negara paling bekembang dan paling besar populasi penduduknya menempatkan 3 wakil kota, sisanya merupakan kota terbesar yang menyandang sebagai Ibukota negara masing-masing kecuali New York.

Sebenarnya masih banyak kota lainnya yang pantas menyandang sebagai kota terbesar di Dunia sebut saja Sao Paulo asal brazil dan Mexico City asal Meksiko yang juga memiliki populasi penduduk super besar menyentuh 20 juta jiwa yang mungkin bisa merubah peta 10 Kota Terbesar di Dunia tahun 2016 mendatang.

INILAH 10 KOTA TERBESAR DI DUNIA 2016

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 KOTA TERBESAR DI DUNIA 2016