Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

KHASIAT BIJI ALPUKAT UNTUK KESEHATAN

Artikel terkait : KHASIAT BIJI ALPUKAT UNTUK KESEHATAN

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah dengan citarasa creamy ini juga memiliki lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sebagai makanan diet untuk bantu turunkan berat badan.

Ternyata tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat. Biji alpukat pun menyimpan banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan bagian buah yang seringkali terbuang ini disebut-sebut justru lebih sehat ketimbang daging alpukatnya sendiri. Biji alpukat memiliki lebih banyak antioksidan, dan seratnya juga lebih banyak ketimbang oatmeal.

Sejumlah dokter juga mengatakan kalau biji alpukat berkhasiat menurunkan kolesterol dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, biji alpukat pun bisa mengurangi masalah pada pencernaan dan usus. Ini fakta-fakta kesehatan lainnya dari biji alpukat, seperti dikutip dari Live Strong.


1. Kaya Antioksidan
Sebuah studi yang dilakukan National University of Singapore pada 2003 menemukan bahwa diantaranya biji buah lainnya seperti mangga, asam atau nangka, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar. Alpukat kemungkinan menyimpan 70 persen antioksidan pada bijinya ketimbang daging dan kulitnya.

2. Serat Larut
Biji alpukat merupakan salah satu makanan yang paling banyak mengandung serat larut. Menurut Dr. Tom Wu, N.M.D., seorang dokter peraih penghargaan dari PBB dan American Cancer Society, serat larut penting untuk menjaga kesehatan jantung karena membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Potassium
California Avocado Society pernah merilis artikel bahwa biji alpukat sangat tinggi akan potassium. Namun level potassiumnya akan berkurang seiring alpukat bertambah matang. Oleh karena itu disarankan memilih alpukat yang belum terlalu matang jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari potassium. Biji alpukat juga diketahui mengandung fosfor untuk kesehatan tulang.

Mengonsumsi biji alpukat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti dikutip dari Daily Mail, cara yang paling umum adalah menjadikannya sebagai campuran smoothies. Belah biji alpukat menjadi empat bagian lalu haluskan menggunakan blender sehingga bentuknya menjadi seperti bubuk. Kemudian masukkan pada campuran smoothies, dan kembali diblender.  

Biji alpukat memiliki rasa yang cukup kuat, jadi sebaiknya dicampurkan dengan buah yang juga punya rasa atau aroma dominan. Misalnya buah berry, mangga atau nanas. Ada pula yang mengonsumsinya dengan cara menjemur biji alpukat hingga kering, kemudian diparut dan dijadikan bumbu tambahan untuk makanan. Fungsinya seperti garam atau merica, yaitu untuk menambah rasa pada makanan.

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz