Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

RESEP MEMBUAT TELUR ASIN

Telur asin merupakan makanan yang sangat baik untuk di konsumsi dari segi kesehatan, terutama bagi anak-anak. Hal ini di karenakan kandungan protein yang ada pada kuning telur asin sangat baik untuk perkembangan otak anak. Telur asin juga sangat di gemari oleh orang-orang dewasa, bisa dimakan langsung atau untuk lauk makan. Banyak sekali telur asin yang di jual di warung-warung makan, tetapi jarang sekali warung yang menjual telur asin yang masir, yaitu telur asin yang kuning telurnya berwarna kuning kemerahan serta teksturnya berminyak, jika dinikmati rasanya sangat gurih sekali.

Berikut ini cara pembuatan telur asin dengan tekstur berminyak dan warna kuning telurnya agak kemerahan. Inilah resep resep pembuatannya.


BAHAN  BAHAN  YANG  DIBUTUHKAN

  • 10 hingga 30 butir telur bebek segar [paling baik telurnya berumur 1-2 hari].
  • 500 gr garam dapur/ garam kotak/ garam krosok.
  • 1,5 sampai 2 liter air bersih.
  • Wadah yang dapat ditutup rapat, atau ember plastik yang bisa ditutup.   

CARA  MEMBUATNYA

  1. Rendam terlebih dahulu telur dengan air selama kurang lebih 2 menit, jika ada telur yang mengambang atau melayang mending dibuang saja karena berarti telur tersebut jelek. Setelah direndam kemudian dicuci hingga bersih sampai tidak ada kotoran yang menempel dikulit telur.
  2. Tiriskan telur lalu keringkan dengan handuk lembut sambil diperhatikan apakah ada yang retak atau tidak selama proses pencucian.
  3. Buatlah larutan air dan garam, jika dengan kondisi air biasa garam susah untuk larut, Anda dapat memanaskan air sambil diaduk perlahan hingga garam bisa terlarut semua. Biarkan air larutan garam dingin kembali, kalau masih hangat akan mempengaruhi proses pembuatan telur asin.
  4. Jika larutan air dan garam sudah dingin, tuangkan secara perlahan kedalam wadah yang sudah terisi telur bebek tadi. Perlu anda perhatikan, semua telur bebek harus terendam larutan air garam.
  5. Tutup wadah tersebut dan simpan ditempat rata dan sejuk, lama perendaman 12 hari. Namun, jika lebih lama akan lebih baik, lebih asin, lebih awet [ kira-kira 3 minggu].
  6. Setelah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, saatnya proses perebusan telur asin. Untuk  hasil rebusan yang baik, telur direbus dengan api kecil jangan sampai mendidih hingga matang selama -/+ 1,5 jam. Gunanya agar telur tidak pecah karena benturan sesama telur jika apinya besar dan mendidih. Waktu merebus telur, panci harus dalam keadaan terbuka/ tidak boleh tertutup.
  7. Selain direbus, telur asin mentah juga ada yang dikukus, waktunya juga sama minimal 1,5 jam dengan api sedang.
  8. Jika anda kurang suka rasa asin yang berlebihan, takaran garam bisa dikurangi, yang terpenting tidak mengurangi waktu perendaman.    

SELAMAT  MENCOBA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : RESEP MEMBUAT TELUR ASIN