Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

PENGERTIAN PUASA DAN MACAM MACAM PUASA TERLENGKAP

Artikel terkait : PENGERTIAN PUASA DAN MACAM MACAM PUASA TERLENGKAP

Pengertian Puasa Dan Macam-Macam Puasa Terlengkap Semua umat Islam yang sudah baligh wajib melaksanakan puasa. Nah pada kesempatan ini, seputar pengetahuan.com akan membahas tentang arti puasa dan macam-macamnya. Tentu kita yang beragama Islam sudah tentu tahu secara garis besar tentang puasa, yakni menahan diri untuk tidak makan dan minum dari waktu yang telah ditentukan atau seharian penuh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Puasa

Secara bahasa, puasa atau shaum dalam bahasa Arabnya berarti menahan diri dari segala sesuatu. Jadi, puasa itu ialah menahan diri dari segala perkara seperti makanan, minuman, berbicara, menahan nafsu dan syahwat, dan sebagainya. Sedangkan secara istilah, puasa yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa yang dimulai sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Dalam Al-qur'an surat Al-Baqoroh ayat 187 menerangkan tentang kewajiban berpuasa.

Pengertian Puasa Dan Macam-Macam Puasa Terlengkap

Macam-macam Puasa

Ada beberapa macam puasa, antara lain :
  1. Puasa wajib yang terdiri dari : puasa ramadhan, nadzar dan kafarat.
  2. Puasa sunnah yang terdiri dari : puasa senin kamis, muharam, syawal, arofah dls.
  3. Puasa makruh yang terdiri dari puasa yang dikhususkan pada hari jumat dan sabtu.
  4. Puasa haram yang terdiri dari puasa hari raya idul fitri dan hari raya idul adha serta puasa sepanjang tahun.
Puasa Wajib
  1. Puasa ramadhan. Yakni puasa sebulan penuh dibulan ramadhan yang hukumnya wajib bagi setiap umat muslim yang sudah baligh. Kewajiban melaksanakan puasa dibulan ramadhan terdapat dalam Al Qur'an surat Al-baqoroh ayat 183.
  2. Puasa nadzar. Merupakan puasa yang disebabkan karena sebuah janji, nadzar secara bahasa adalah janji. Sehingga puasa yang dinadzarkan hukumnya wajib. 
  3. Puasa kafarat atau kifarat. Yakni puasa yang dilakukan untuk menggantikan dam atau denda atas pelanggaran yang hukumnya wajib. Puasa ini ditunaikan dikarenakan perbuatan dosa, sehingga bertujuan untuk menghapus dosa yang telah dilakukan. Adapun macam-macam puasa kafarat antara lain : kafarat karena melanggar sumpah atas nama Allah, kafarat dalam melakukan ibadah haji, kafarat karena berjima' atau berhubungan badan suami istri di bulan ramadhan, membunuh tanpa sengaja, membunuh binatang saat sedang ihram.
Puasa Sunnah
  1. Puasa sunnah senin kamis. Rasulullah SAW telah memerintah umatnya untuk senantiasa berpuasa di hari senin dan kamis, karena pada hari senin merupakan hari kelahiran beliau dan kamis adalah hari pertama kali Al-Qur'an diturunkan. Dan pada hari senin kamis juga, amal perbuatan manusia diperiksa, sehingga beliau menginginkan ketka diperiksa, beliau dalam keadaan berpuasa. 
  2. Puasa sunnah syawal. Puasa enam hari dibulan syawal atau setelah bulan ramadhan. Bisa dilakukan secara berurutan dimulai dari hari kedua syawal atau dilakukan secara tidak berurutan.  Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Keutamaan puasa ramadhan yang diiringi dengan puasa syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).
  3. Puasa muharromYakni puasa pada bulan Muharram dan yang paling utama ialah pada hari ke 10 bulan muharram yakni assyuro’. Puasa ini memiliki keutamaan dan yang paling utama setelah puasa ramadhan.
  4. Puasa arofahYakni puasa pada hari ke-9 Dzuhijjah, dimana keistimewaannya ialah akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu & dosa-dosa di tahun yang akan datang (HR. Muslim). Dosa-dosa yang dimaksud ialah khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa-dosa besar hanya bisa diampuni dengan jalan bertaubat atau taubatan nasuha.
  5. Puasa di bulan Sya'ban. Pada bulan sya'ban ini, segala amal akan diangkat kepada Rabb sehingga diperintahkan untuk memperbanyak puasa.
  6. Puasa daud. Yakni puasa yang dilakukan nabi daud dan caranya yaitu sehari puasa dan sehari tidak atau dengan cara selang seling dan puasa ini sangat disukai Allah SWT.
Puasa Makruh

Jika melakukan puasa pada hari jumat atau sabtu, dengan niat dikhususkan atau disengaja maka hukumnya makruh kecuali bermaksud atau berniat mengqodho puasa ramadhan, puasa karena nadzar ataupun kifarat.

Puasa Haram
  1. Hari Raya Idul Fitri. Yang jatuh pada tanggal 1 Syawal yang ditetapkan sebagai hari raya umat muslim. Pada hari ini, puasa diharamkan karena hari ini merupakan hari kemenangan karena telah berpuasa sebulan penuh dibulan ramadhan.
  2. Hari Raya Idul Adha. Pada tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari raya qurban dan hari raya kedua bagi umat muslim. Berpuasa pada hari ini diharamkan.
  3. Hari Tasyrik. Jatuh pada tanggal 11, 12 & 13 Dzulhijjah. 
  4. Puasa setiap hari atau sepanjang tahun dan selamanya. 

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai Pengertian Puasa Dan Macam-Macam Puasa Terlengkap, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian terimakasih :)

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz