Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

LIONEL MESSI SATU DASAWARSA BERTABUR REKOR

Kamis (19/11) kemarin, Lionel Messi 'merayakan' 10 tahun debutnya di El Clasico. Tepat 10 tahun lalu, Messi yang ketika itu baru berusia 18 tahun di mainkan oleh pelatih Frank Rijkaard saat Barcelona bertemu ke markas Real Madrid.

Pada debutnya di El Clasico tersebut, Messi tampil brilian dengan mengkreasikan dua assist untuk Samuel Eto'o dan Ronaldinho.


Messi bahkan sebenarnya ikut membuat gol dalam laga itu, saat tembakan cungkilnya memperdaya Iker Casillas. Sayang wasit membatalkan golnya itu karena menganggap Messi sudah lebih dulu tertangkap offside.

Di akhir laga itu, The Catalans pun pulang dengan kemenangan 3-0.

Dari momen itu sampai 10 tahun kemudian, Messi tercatat sudah menjalani 30 laga el clasico. Bintang asal Argentina itu tak cuma sekadar tampil.

Ada sangat banyak gol dan rekor yang diukirnya, serta momen-momen yang akan terus dikenang oleh fans Blaugrana.

Hingga saat ini, Messi tercatat sebagai top scorer el clasico dengan total 21 gol yang ia buat (14 gol di La Liga, 5 gol di Piala Super Spanyol, 2 gol di Liga Champions).

Jika dirata-rata, maka Messi mencetak satu gol di setiap 1,4 pertemuan dengan Madrid.

Messi tak hanya memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di el clasico. Ia juga tercatat sebagai pemain yang paling sering memberi assist yakni sebanyak 13 kali di el clasico.

Rekor lain yang dipegang Messi adalah sebagai pemain dengan hattrick terbanyak di el clasico. Dengan telah membuat dua hattrick, dia berbagi tempat dengan legenda Real Madrid, Ferenc Puskas.

"Saya pikir kedua tim berada di level yang sama jika Messi tidak bermain. Ada beberapa pemain Madrid yang cedera, tapi cedera-cedera itu tidak sepenting cederanya Messi," ujar Xavi, mantan gelandang Barca yang kini merumput di klub Qatar Al Sadd.

"Sangat sulit meraih kemenangan di Santiago Bernabeu. Apalagi tanpa Messi. Tapi, saya pikir Barcelona tetap dalam jalur positif," imbuh Xavi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : LIONEL MESSI SATU DASAWARSA BERTABUR REKOR