Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

10 MASJID TERMEGAH DI DUNIA

DI Antara sekian banyak Masjid di dunia, ada tiga Masjid yang memiliki keutamaan dibandingkan dengan Masjid lainnya. Ketiga Masjid itu adalah Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Agsa. Sementara Masjid lain memiliki keutamaan dan derajat yang sama. Berikut ini 10 Mesjid termegah di dunia saat ini, marilah kita lihat satu persatu.

1. MASJIDIL  HARAM

Masjidil Haram adalah Masjid yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Ditengah-tengahnya terdapat Kakbah yang merupakan tempat tersuci yang ada di dunia bagi umat Islam. Setiap tahun, jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia berdatangan terutama untuk melaksanakan ibadah haji sebagai rukun Islam ke lima.

Dengan luas 88 hektare dan mampu menampung lebih dari  4 juta jamaah, Masjidil haram yang memiliki sembilan menara menjadi simbol kemegahan dan kebanggaan umat Islam. Selain itu, tiang-tiangnya yang menjulang seakan menyentuh langit semakin menambah pesona kemegahannya.

Masjid yang memiliki empat lantai dengan 492 tiang berlapis marmer ditiap lantainya ini banyak mengalami renovasi karena jamaah haji yang selalu meningkat tiap tahun, MASYAALLAH.

2. MASJID  NABAWI

Sebagai Masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW, Masjid Nabawi tidak hanya menarik secara fisik, namun juga secara historis. Rasulullah SAW membangun Masjid Nabawi ketika hijrah dari mekkah ke madinah.

Masjid yang terletak di kota Madinah, Arab saudi ini merupakan Masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram karena bisa menampung sebanyak satu juta orang. Masjid ini emiliki 27 kubah dan 10 menara setinggi 105 meter. Arsitektur yang paling menarik dari masjid ini adalah adanya atap yang menyerupai payung berbentuk segi empat yang dapat membuka tutup untuk melindungi orang yang beribadah dari terik matahari.

Memiliki luas bangunan sekitar 100 ribu m2, di dalam Masjid ini ada makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Karena itu, setiap hari Masjid ini dipenuhi oleh penziarah.
 

3. MASJID  AL  AQSA

Masjid Al- Aqsa adalah sebuah tempat suci Islam di Kota Lama dari Yerusalem. Mesjid itu merupakan bagian dari Al- Haram ash- Sharif atau ''Sacred Noble Sanctuary'' [bersama-sama dengan Dome of the Rock], sebuah situs yang juga dikenal sebagai gunung Bait dan situs tersuci situs dalam Judaisme, karena diyakini menjadi tempat Bait di Yerusalem sekali berdiri.

Secara luas, Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai yang ketiga tersuci situs dalam Islam. Kemegahan yang dimiliki Al- Aqsa bukan hanya dari sisi arsitekturnya, melainkan nilai historis yang dijaga hingga kini.



4. MASJID  HASAN  II

Pernah membayangkan kastil di pinggir pantai? dengan suara deburan ombaknya menjadi harmoni yang paling menenteramkan? Mungkin yang dimaksud bisa jadi Masjid ini. Bangunan Masjid megah yang berlokasi di reklamasi laut Atlantik, Maroko. Desain Masjid terlihat sangat modern karena dari sisi lantai Masjid sebagiannya terbuat dari kaca. Masjid Hasan II dibangun menghadap laut atas permintaan Raja Hasan II.

Masjid ini berdiri di outeropping berbatu di atas laut yang dirancang arsitek asal Perancis, Michel Pinseau. Pembangunannya dimulai tahun 1986 dan selesai tahun 1993. Menara Masjid ini mempunyai ketinggian 210 meter [689 kaki] dan menjadi menara Masjid tertinggi di dunia. Sebanyak 105.000 jamaah dapat berkumpul untuk shalat berjamaah di Masjid ini.



5. MASJIS  FAISAL

Buah karya arsitek Turki tersohor, Vedat Dalokay, Masjid Faisal tampak menarik dengan bentuk kubah yang tidak biasa. Sebagai penggantu kubah yang cenderung bulat, Vedat menggantinya dengan atap Masjid yang lancip sedemikian rupa. 

Pembangunan Masjid ini terinspirasi dari salah satu tenda suku Arab, Bedouin. Sedangkan bentuk menaranya terinspirasi dari menara khas Turki yang ramping, tinggi menjulang bak pensil. Rancangan desain Masjid yang terletak di Islamabad, ibu kota Pakistan mengantarkan Vedat pada penghargaan Aga Khan Arsitektur.

Masjid megah ini mampu menampung kurang lebih 10.000 jamaah di ruang utama dan 20.000 jamaah di luar ruangan. Salah satu yang menambah kemegahan Masjid ini adalah dengan adanya kolam di tengah jalan masuk Masjid.


6. MASJID  SULTAN  AHMET  CAMII 

Masjid peninggalan sultan ahmet I ini dibangun pada awal tahun 1600-an. Masjid ini termasuk Masjid historis yang di miliki oleh Turki dan dunia. Bentuknya yang mirip khastil dengan kubah-kubah besar yang dikelilingi 6 menara menjulang tinggi mengingatkan kita pada dongen-dongen putri di masa lalu.

Masjid sultan Ahmet lebih dikenal dengan sebutan [Blue Mosque] karena memang warnanya yang biru. Keunikannya juga terletak pada kubah Masjidnya yang besar. Diameteri kubahnya 23 meter, dengan tinggi 43 meter dan dipercantik dengan 260 jendela kaca yang memantulkan cahaya. Keindahan dan kemegahannya menjadi salah satu ikon kota Istanbul' hingga kini.


7. MASJID  SAINT  PETERSBURG

Pembangunan Masjid Saint Petersburg pada tahun 1910 lalu untuk menghormati Emir Bukhara dan menandai bergabungnya Asia Tengah dengan Rusia. Peristiwa ini terjadi di era Alexander III, Ketika kerajaan hormati kepentingan komunitas muslim yang saat itu berjumlah lebih dari 8 ribu orang.

Setelah proyek pembangunanya rampung pada 1913, Masjid ini adalah tempat ibadah terbesar di Rusia. Masjid ini dapat menampung lima ribu umat. Dua menaranya menjulang 49 meter dan tinggi kubahnya 39 meter. Kubah Masjid Saint Petersburg hampir merupakan tiruan tepat dari Mausoleum Gur Emir di Samarkand [abad ke-15]. Tempat disimpannya abunya Timurleng, Sang Penakluk Asia Tengah.


8. MASJID  KUL  SHARIF

Masjid golsarif juga disebut gol Sharif, Kul Sharif, gol Sherif melalui bahasa Tatar dan Kul Sharif melalui bahasa Rusia adalah Masjid yang begitu indah di Kazan, Republik Tatarstan, Rusia. Masjid ini merupakan salah satu Masjid indah dunia yang fotonya bertebaran di dunia maya. Arsitekturnya yang begitu indah menjadikannya sebagai salah satu objek foto favorit. Masjid ini juga menyandang predikat sebagai salah satu Masjid terbesar di Rusia dan wilayah Eropa timur.

Nama Masjid ini merupakan penghormatan terhadap Imam Masjid terakhir dan pemimpin perlawanan rakyat Kazan'' Seid Kul Sharif'' yang gugur bersama para muridnya mempertahankan Kazan dari serbuan Tsar Rusia Ivan The Terrible.


9. MASJID  SHEIKH  ZAYED

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah Masjid yang berada di Abu Dhabi. ibu kota Kerajaan Uni Emirat Arab [UEA]. Masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

Masjid seluas 22.412 meter persegi itu setara dengan lima lapangan sepakbola dan dapat menampung 40.960 jamaah sekaligus. Di ruang utama terdapat 96 pilar bundar berukuran besar yang semuanya dilapisi mother of pearl, serta fitur utama ekterior Masjid ini selain 82 kubahnya adalah empat bangunan menara setinggi hampir 107 meter di empat penjuru Masjid.


10. MASJID  OMAR  ALI  SAIFUDDIN

Masjid ini dinamai berdasarkan Omar Ali Saifuddin III, Sultan Ke-28 Brunei Darussalam. Masjid yang mendominasi pemandangan Kota Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei ini melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam yang menjadi agama mayoritas dan agama resmi Brunei Darussalam. Bangunan ini rampung pada tahun 1958 dan merupakan contoh Arsitektur Islam modern.

Arsitektur Masjid ini memadukan Arsitektur Mughal dengan gaya Italia. Masjid ini di bangun diatas laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong ayer,'' kampung yang terletak di atas air.'' Masjid ini memiliki menara marmer dengan kubah emas, dilengkapi taman yang permai dan air mancur. Taman indah yang mengelilingi Masjid melambangkan taman surgawi dalam kepercayaan Islam. Sebuah jembatan membentang di tengah laguna menuju Kampong Ayer di tengah sungai. Sebuah jembatan marmer lainnya menuju ke bangunan yang merupakan replika Perahu Mahligai Kerajaan milik Sultan Bolkiah yang memerintah pada abad Ke- 16.


INILAH  10  MASJID  TERMEGAH  DI  DUNIA


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 MASJID TERMEGAH DI DUNIA