Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

EMPAT ALASAN SINGKIRKAN MALAS OLAHRAGA

Olahraga selalu menjadi hal yang dianjurkan jika ingin mendapatkan tubuh sehat. Namun keinginan untuk berolahraga kadang tenggelam dalam rasa malas yang bisa datang sewaktu-sewaktu. Supaya motifasi untuk olahraga kembali lagi, Deborah Enos, pakar hidup sehat dan kontributor di Livescience memaparkan beberapa hal untuk mengingatkan betapa pentingnya olahraga teratur.


''Setiap orang mungkin tahu olahraga baik untuk kesehatan, namun ada kalanya rasa malas itu datang. Maka perlu ada ''pengingat'' bagi diri sendiri untuk tetap menjaga motifasi olahraga,'' ucapnya.

Berikut manfaat dari olahraga yang bisa jadi ''pengingat'' tersebut. Pertama, mencegah kanker. Menurut sebuah studi di tahun 2014 dalam jurnal Cancer Prevention Research menunjukkan, wanita menopause yang mengikuti rekomendasi hidup sehat memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk meninggal karena kanker dari pada mareka yang tidak. Rekomendasi hidup sehat antara lain menjalani pola makan sehat, olahraga, dan membatasi konsumsi alkohol.

Kedua, mencegah berkurangnya kepadatan tulang. Meningkatkan jumlah aktivitas fisik dapat menunda berkurangnya kepadatan tulang setelah seseorang mencapai puncak kepadatan tulangnya. Begitulah yang ditemukan oleh sebuah studi di tahun 2006 dalam jurnal Sport Medicine.

Ketiga, menurunkan berat badan. Bahkan olahraga moderat pun mampu membantu menurunkan berat badan, demikian yang diungkapkan sebuah studi di tahun 2012 dalam jurnal American Journal of Physiology- Regulatory, Integrative and Comparative Physiology.

Peserta studi dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama diminta untuk meningkatkan aktivitas fisik mereka, sementara kelompok lainnya tidak. Hasilnya, di akhir periode studi, peserta yang rata-rata berolahraga 30 menit sehari berat badannya turun 3,17 kg.

Dan terakhir, memperbaiki kualitas tidur. Studi di tahun 2010 dalam jurnal Sleep Medicine mengungkapkan, bagi orang dewasa dengan insomnia, aktivitas fisik dapat memperbaiki kualitas, kedalaman, durasi, dan efisiensi tidur. Mereka yang tidur lebih baik mengalami pengalaman gejala depresi yang lebih sedikit dan vitalitas yang lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : EMPAT ALASAN SINGKIRKAN MALAS OLAHRAGA