Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

BOLU KRIM KEJU

Artikel terkait : BOLU KRIM KEJU

Bolu krim keju.
Tiap datang di acara pesta, saya selalu mencari kue bolu krim keju di deretan dessert. Rasanya yang manis dengan wangi vanilla dan sedikit sensasi gurih dari keju yang sangat saya sukai.

Kebetulan,  paman saya jago sekali membuat kue ini. Jadi, tiap beliau membuat kue itu, saya senang sekali. Saya bisa makan banyak sekali karena saya sangat menyukainya.

Nah, waktu saya mulai belajar baking, salah satu resep yang saya cari adalah kue ini. Awal-awal sih bingung ya, karena saya nggak pernah menemukan resep yang pas.

Namun setelah mulai agak paham di dunia per-kue-an, saya pun menilai bahwa meski namanya bolu, kue ini sejatinya adalah sponge cake rasa vanilla. Tinggal dikasih lapisan buttercream dan diberi taburan keju parut, jadi deh.

Menurut saya nih, selain sponge cake-nya yang harus mengembang dan empuk, kekuatan kue ini terletak pada buttercream-nya. Pilihlah buttercream yang enak dan berkualitas agar kue tidak terasa murahan. Bisa buat sendiri atau beli saja yang siap pakai.
Anyway, berikut ini resep yang sering saya gunakan dan selalu disukai keluarga saya (plus saya sendiri. Selamat mencoba! :)   

BAHAN  BAHANNYA

  • 100  gram  tepung  terigu.
  • 2  sdm  tepung  maizena.
  • 1  sdt  baking  powder.
  • 1  sdt  SP.
  • 4  butir  telur.
  • 80  gram  gula  pasir.
  • 150  ml  susu  cair.
  • 50  gram  keju  quick  melt.
  • 50  gram  mentega.
  • secukupnya  keju  untuk  topping.   

bahan  krim  keju:
  • 200  ml  susu  cair  [1  kaleng  bear  brand].
  • 1  sdm  mentega.
  • 1  sdm  tepung  terigu.
  • 50  gram  keju  quick  melt.   

CARA  MEMBUATNYA

  1. Lelehkan mentega, susu cair, dan keju di dalam panci.
  2. Ayak tepung terigu, tepung maizena, baking powder.
  3. Kocok gula, SP, telur hingga berwarna putih dan mengembang kurang lebih 10 menit dengan mixer kecepatan tinggi.
  4. Tambahkan lelehan mentega dan tepung terigu ke dalam adonan sambil diaduk rata.
  5. Masukkan kedalam loyang yang telah diolesi mentega, panggang dalam oven 160 derajat selama 40 menit dengan api bawah.
  6. Keluarkan bolu dari loyang setelah dingin.
  7. Lapisi bagian atas bolu dengan krim keju kemudian beri keju parut di atasnya. Krim keju: 1 lelehkan mentega di panci, tambah 1 sdm tepung terigu hingga menggumpal, tambahkan susu cair aduk hingga mengental, tambahkan keju aduk hingga tercampur merata.
  8. SAJIKAN.  

SELAMAT  MENCOBA  ..

Artikel Blog Iswanda Lainnya :

Copyright © 2015 Blog Iswanda | Design by Bamz